Legislator Nilai Langkah Gubernur Jateng Tepat Atasi Pencemaran Sungai

20-09-2020 / KOMISI III

Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy saat mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR RI dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Ahmad Luthfi, di Mapolda Jateng, Semarang, Jumat (18/9/2020).  Foto : Pun/Man

 

Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy menyatakan langkah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dinilai tepat dalam upaya mengendalikan pencemaran lingkungan di Sungai Bengawan Solo. Bahkan, pemberian batas waktu kepada perusahaan di sekitar Bengawan Solo untuk memperbaiki instalasi pengolah limbah juga patut diapresiasi. 

 

Demikian dipaparkan Aboe Bakar usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir, dan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi jajaran pejabat Pemprov Jateng serta Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Ahmad Luthfi, di Mapolda Jateng, Semarang, Jumat (18/9/2020). 

 

"Saya mengapresiasi dan respect terhadap langkah Gubernur Jateng dalam penanganan persoalan limbah di Bengawan Solo. Gubernur sangat transparan berdasarkan data yang jelas sampai pada langkah yang diambil. Solusinya sangat bagus, jadi ada jalan tengah yang diambil agar lingkungan baik namun juga ekonomi tetap berjalan," ujar politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) itu. 

 

Lebih lanjut,  Aboe Bakar menegaskan akan mendukung langkah hukum yang akan diambil Gubernur Jateng, jika sampai kedepannya pengusaha di sekitar Sungai Bengawan Solo tidak mampu membenahi pencemaran lingkungan sampai tenggat waktu yang telah ditentukan, yaitu Desember 2020 mendatang. 

 

Sementara itu, sebelumnya Gubernur Jateng saat pertemuan dengan Komisi III DPR RI memaparkan bahwa pihaknya sudah memanggil secara khusus, baik perusahaan-perusahaan, industri kecil dan peternakan yang terindikasi melakukan pencemaran limbah di Sungai Bengawan Solo. 

 

"Kalau sampai bulan Desember tahun ini tidak selesai, maka di bulan Januari 2021 akan langsung saya tindak tegas. Kami akan mengambil langkah-langkah tindakan pidana terhadap para pelaku yang membuang limbah ke Sungai Bengawan Solo," tandas Gubernur Jateng. (pun/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pemerintah Harus Perhatikan Kebutuhan Pengadilan Tinggi di Daerah
16-10-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah menyoroti sarana dan prasarana yang dinilai kurang layak di Pengadilan Tinggi Jawa...
Komisi III Bersama Kapolda Jatim Berikan Bantuan Sembako dan Masker
16-10-2020 / KOMISI III
Tim Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI ke Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI...
Jadikan Program Tangguh Polda Jatim sebagai Role Model Penanganan Covid-19
15-10-2020 / KOMISI III
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, dalam mengatasi dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Surabaya membuat beberapa program diantaranya program Kampung Tangguh,...
Komisi III DPR Apresiasi Kinerja Kejati Jatim
15-10-2020 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengapresiasi kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan kontribusi...