Dorong Tes Mandiri, Ketua DPR Minta Tarif ‘Swab Test’ Diturunkan

29-09-2020 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. Foto : Geraldi/Man

 

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani meminta Pemerintah mengendalikan tarif swab test atau tes usap sebagai salah satu langkah pengendalian penyebaran Covid-19. Menurut Puan, jumlah masyarakat yang melakukan swab test mandiri akan meningkat jika ditetapkan standar harga tarif swab test agar terjangkau.

 

“Mengimbau pada Pemerintah agar pelaksanaan swab test harganya bisa diturunkan, ada standardisasi harga. Walau disesuaikan dengan tempat atau provinsi/kabupaten tertentu, kalau harganya diturunkan, ini akan mendorong masyarakat untuk melakukan swab test secara mandiri,” ungkap Puan, Selasa (29/9/2020).

 

Politisi PDI-Perjuangan itu menuturkan, jika tarif swab test lebih terjangkau, maka kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya akan meningkat. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dan meningkatnya swab test, maka pengendalian penyebaran Covid-19 pun dapat dilakukan dengan hasil yang lebih baik.

 

“Pada Pemerintah, terkait swab test yang saat ini sudah mulai dilakukan massal, kalau nanti harganya diturunkan, sehingga bisa membuat masyarakat punya kesadaran untuk tes mandiri, itu akan lebih baik,” ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) periode 2014-2019 itu.

 

Puan menegaskan, penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan secara menyeluruh dengan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Kesadaran masyarakat juga harus terus ditingkatkan dalam memutus mata rantai Covid-19, khususnya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan; mengenakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

 

“Saya minta penanganan Covid-19 punya standaridsasi atau pakem yang jelas di seluruh Indonesia sehingga penanganannya akan bermanfaat dan secara komprehensif menjadi satu kesatuan gotong royong menangani Covid-19 secara menyeluruh,” tandas politisi dapil Jawa Tengah V itu. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Rachmat Gobel: Kunjungan PM Jepang Siratkan Pesan Strategis
21-10-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menilai kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia bukan sekedar kunjungan kenegaraan...
Ketua DPR: Perempuan Butuh Berpolitik, Politik Butuh Perempuan
20-10-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menegaskan bahwa kaum perempuan jangan ragu terjun ke dunia politik. Pasalnya, menurut Puan,...
Penundaan Pilkada Bisa Perlambat Kinerja Pemda Tangani Covid-19
20-10-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak lebih penting dilaksanakan untuk menguatkan penanganan pandemi Covid-19....
Puan Maharani: Tahun Pertama Jokowi - Ma'ruf, Indonesia Hadapi Banyak Tantangan
20-10-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menilai perjalanan Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menghadapi banyak...