Capai Level 3 IACM, BURT Apresiasi Ittama DPR

02-10-2020 / B.U.R.T.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso (tengah) foto bersama usai menjadi pembicara dalam acara Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Berbasis Risiko dalam rangka Pemenuhan Level 3 IACM di Hotel Mercure, Tangerang, Kamis (2/9/2020). Foto : Taufan/Man

 

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengapresiasi seluruh jajaran Inspektorat Utama (Ittama) Sekretariat Jendral DPR RI yang berhasil mencapai level 3 Internal Audit Capability Model (IACM). Menurutnya hal ini merupakan sebuah pencapaian atas standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

Dengan kata lain proses bisnis yang ada di Setjen DPR RI, baik proses pengelolaan anggaran dan lain sebagainya sudah memenuhi kriteria yang diharapkan oleh pemerintah. Agung meminta kinerja tersebut dapat terus ditingkatkan hingga menjadi jauh lebih baik lagi.

 

“Kami harapkan kinerja ini dapat terus ditingkatkan sehingga dapat terus memberikan hasil yang lebih baik untuk institusi,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Berbasis Risiko dalam rangka Pemenuhan Level 3 IACM di Hotel Mercure, Tangerang, Kamis (2/9/2020).

 

Agung mengatakan Ittama sebagai pengawas internal di lingkungan Setjen DPR RI harus dapat berperilaku lebih objektif dan adil. Ia mengingatkan kepada seluruh jajaran agar terus bekerja bersama secara kompak, karena apabila terdapat satu bagian yang kurang baik tentu akan mempengaruhi kinerjanya.

 

“Saya ingatkan Ittama sebagai pemeriksa harus lebih objektif dan berperilaku adil kepada semua yang diperiksa, seluruh jajaran harus kerja kompak karena jika ada satu yang kurang baik akan mempengaruhi kinerja Irtama,” imbuh Politisi Fraksi Demokrat ini.

 

Senada dengan Agung, Sekretaris Jendral DPR RI Indra Iskandar menyampaikan bahwa pencapaian ini menjadi kado manis bagi Ittama DPR RI yang pada hari ini tepat berusia lima tahun. Menurutnya jika sebuah institusi melaksanakan IACM dengan baik, tentu akan terhindar dari perbuatan pelanggaran peraturan dan bisa mengurangi kemungkinan kerugian negara.

 

Menurut Indra, pemenuhan level 3 IACM yang dinilai oleh BPKP  merupakan hasil yang sudah baik, namun kinerja seluruh jajaran di lingkungan Setjen DPR RI harus ditingkatkan agar terus naik ke jenjang lebih bagus.

 

“Level 3 yang dinilai oleh BPKP ini sudah baik, namun saya ingatkan kinerja kita semua harus lebih baik lagi agar kita naik level. Tugas Ittama sendiri adalah melakukan pengawasan, tentu ini menjadi harapan kita,” tegas Indra. (tn/er)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Layanan Jamkestama di RS Siloam Balikpapan Sudah Maksimal
30-11-2020 / B.U.R.T.
Pemberian jaminan kesehatan merupakan aspek penting bagi Anggota DPR, mengingat tugas yang diemban sangatlah besar.Untuk itu,pengawasan terhadap Pelaksanaan Program Jaminan...
Keprotokolan Bandara Ngurah Rai Sudah Berjalan dengan Baik
27-11-2020 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali untuk...
BURT DPR Dorong Kesetjenan DPR Wujudkan Implementasi 'Big Data'
21-11-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan, menjadi parlemen modern artinya sama dengan mengikuti perkembangan...
Ketua BURT Optimis DPR Wujudkan Parlemen Modern
20-11-2020 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan, konsep parlemen modern menjadi keharusan yang harus segera...