Peringati 130 tahun IPU, DPR RI Tegaskan Pentingnya Multilateralisme di Tengah Ketidakpastian Global

09-10-2020 / B.K.S.A.P.
Suasana peluncuran buku dalam rangka peringatan 130 tahun berdirinya Inter-Parliamentary Union (IPU) melalui virtual. Foto: Runi/jk

 

 

 

Dunia tengah menghadapi berbagai masalah global yang tidak bisa diprediksi, salah satunya yaitu pandemi COVID-19 yang selama kurang dari satu tahun telah menginfeksi jutaan umat manusia di berbagai belahan dunia dan secara cepat bertransformasi dari masalah kesehatan menjadi masalah ekonomi dan sosial. Maka, diperlukan kerja sama global dalam mengatasinya.

 

Hal ini ditegaskan Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani dalam sambutannya secara daring pada peluncuran buku dalam rangka peringatan 130 tahun berdirinya Inter-Parliamentary Union (IPU), Kamis (08/10/2020). 

 

"Multilateralisme ini akan membawa kita kembali ke meja diplomasi, untuk melakukan perundingan, negosiasi, dan kerja sama secara terbuka untuk menghadapi dan berbagai permasalahan yang dihadapi dunia dewasa ini dan di masa depan," kata Puan.

 

IPU merupakan organisasi tertua parlemen internasional yang menghimpun parlemen-parlemen negara di berbagai belahan dunia dengan total anggota 46,000 anggota parlemen dari 173 negara. DPR RI melalui Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) selama ini aktif berkontribusi secara signifikan dalam pembahasan berbagai isu-isu global pada forum IPU.

 

Dalam sambutannya, Ketua (BKSAP) Dr. Fadli Zon menyatakan bahwa dalam mendorong kerja sama global, upaya diplomasi parlemen yang selama ini dilakukan oleh IPU melalui koordinasi dan kolaborasi bersama seluruh anggotanya, merupakan langkah yang patut diapresiasi dan harus terus dilanjutkan.

 

Pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam Dr. Azis Syamsuddin ini membahas urgensi multilateralisme sebagai jawaban atas segala berbagai permasalahan global melalui diskusi panel dengan menghadirkan narasumber Direktur Eksekutif CSIS Jakarta Phillips J. Vermonte.

 

Diskusi yang dimoderatori oleh Wakil Ketua BKSAP Charles Honoris (F-PDIP) ini membahas pentingnya kolaborasi melalui kerja sama antara organisasi internasional dan regional dalam menjawab berbagai tantangan global.

 

Azis Syamsuddin dalam sambutannya menyatakan bahwa peluncuran buku ini merupakan wujud pertanggungjawaban publik atas eksistensi IPU dan sejalan dengan visi misi DPR RI dalam mendukung keterbukaan parlemen. Sementara itu Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengapresiasi DPR RI yang aktif menyuarakan multilateralisme di forum parlemen dunia. Ia juga menambahkan bahwa untuk mencapai target pembangunan global, diperlukan kerja sama semua pihak, termasuk parlemen dengan fungsi anggaran, legislasi, dan pengawasan yang dimilikinya.

 

Dalam acara ini juga dilakukan pemberian hadiah secara simbolis kepada pemenang lomba esai dengan tema “Menggalang Solidaritas Penanganan Pandemi Global Covid-19” yang diselenggarakan oleh BKSAP dalam rangka memperingati Hari Demokrasi Internasional. Para pemenang lomba dibagi menjadi dua kategori yakni muda dan umum. (bksap/ann)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Gelar Webinar ‘Dukungan Kepada Palestina’, BKSAP Sarankan Enam Hal Lawan Arogansi Israel
30-11-2020 / B.K.S.A.P.
Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI bekerja sama dengan Parliamentarians for Al-Quds menyelenggarakan webinar internasional dengan tema “The...
Upaya Normalisasi Hubungan dengan Israel Tidak dapat Diterima
30-11-2020 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menegaskan, jika kebebasan negara Palestina tidak dikembalikan kepada rakyat Palestina...
Diplomasi Parlemen Bagian dari Diplomasi Total Indonesia
28-11-2020 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengatakan diplomasi parlemen merupakan bagian dari diplomasi total Indonesia. Ia...
BKSAP Perkuat Peran Diplomasi Parlemen Selama Pandemi
28-11-2020 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyampaikan bahwa selama pandemi Covid-19, DPR RI telah memaksimalkan peran...