Seluruh Fraksi Setujui RUU Prioritas 2012 Diajukan Ke Paripurna

15-12-2011 / BADAN LEGISLASI

 

            Seluruh Fraksi DPR RI menyetujui Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Prioritas Tahun 2012 diajukan pada Sidang Paripurna DPR (Jum’at 16/12). Dua Fraksi (PDI Perjuangan dan Fraksi PKS) menyetujui dengan beberapa catatan.

            Keputusan ini diambil setelah masing-masing juru bicara fraksi menyampaikan Pandangan Mini Fraksi pada Rapat Pleno Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Kamis (15/12) yang juga dihadiri Menteri Hukum dan HAM.

            Dalam laporannya, Ketua Panja Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2012, Ida Fauziah menyampaikan, Baleg mencatat terdapat sebanyak 147 RUU usulan dari lingkungan DPR dan dari lingkungan Pemerintah terdapat usul sebanyak 29 RUU.

            Namun, dari sejumlah RUU tersebut tentunya harus dipilih RUU yang benar-benar menjadi prioritas tahun 2012. Untuk itu, kata Ida, dengan berbagai pertimbangan yang ada, maka dalam rapat panja memutuskan sebanyak 66 RUU.

            Dari 66 RUU yang telah disepakati dalam Panja meliputi, jumlah RUU Prolegnas Prioritas Tahun 2012 sebanyak 66 RUU dengan perincian 42 RUU dari DPR dan 24 RUU dari Pemerintah.

            Untuk 42 RUU dari DPR terdiri atas 10 RUU yang sudah masuk dalam tahap pembicaraan Tingkat I, tiga RUU yang sedang menunggu Supres untuk dibahas. 1 RUU dalam tahap diharmonisasi dan 16 RUU yang penyusunanya akan diserahkan ke komisi dan 12 RUU yang penyusunannya dilakukan Badan Legislasi.

            Sementara, untuk 24 RUU dari pemerintah terdiri atas 7 RUU yang sudah masuk dalam tahap pembicaraan tingkat I dan 17 RUU yang akan disusun oleh pemerintah. (tt)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Baleg Bahas DIM Bab III RUU Ciptaker
28-07-2020 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI terus melanjutkan pembahasan maraton Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Kali ini membahas daftar investarisasi...
Kewenangan BPK Tereduksi Dalam RUU Cipta Kerja
27-07-2020 / BADAN LEGISLASI
Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) yang diajukan oleh Pemerintah, yang saat ini sedang dalam tahapan pembahasan di...
Kewenangan RTR Tetap di Daerah
23-07-2020 / BADAN LEGISLASI
Pembicaraan peta tata ruang ruang nasional masih terus dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Pembahasan ini bagian dari klaster...
Baleg Bahas Isu Tata Ruang RUU Ciptaker
23-07-2020 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI kini sedang membahas isu yang bersinggungan dengan tata ruang dalam Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU...