Delegasi Parlemen Inggris Tanyakan Perkembangan HAM di Indonesia

26-06-2012 / KOMISI III

Sejumlah anggota Komisi III DPR saling bertukar pikiran dengan delegasi Parlemen Inggris. Isu yang dibicarakan cukup beragam diantaranya persoalan HAM dan Terorisme.

"Kita menjamin Hak Asasi Manusia di Indonesia,namun kita masih ada masalah terkait persoalan akses dan kontrol terhadap SDA,"Ujarnya anggota DPR dari PDIP Eva Sundari, kepada delegasi Parlemen Inggris yang dipimpin oleh Anne Mcguire, di Gedung Nusantara II, Selasa, (26/6).
 
Menurutnya, saat ini Polri memiliki 10 komitmen termasuk komitmen pemberantasan korupsi, dan melaksanakan standar pelayanan prima."Ini sangat kita apresiasi, bahkan bagi kepala polisi yang tidak dapat menjalankan komitmen tersebut akan dicopot,"terangnya.

Menyinggung kasus Ahmadiyah, paparnya, memang sangat disesalkan dapat terjadi persoalan ini, dan kita menyesalkan tindakan Kepolisian dalam memproses hukum dan dakwaan terkait kasus ini."Untuk perbaikan kami sedang memperbaiki KUHP dan KUHAP demi perbaikan hukum kedepannya,"ujarnya.

Sementara Adang Daradjatun (F-PKS) mengatakan, era reformasi persoalan hak asasi menjadi perhatian utama bangsa Indonesia dan hal ini mencerminkan Indonesia sangat berkomitmen terhadap penegakan HAM. "Komnas HAM memiliki peran utama dan kita memprioritaskan budgetingnya lembaga itu pada tahun 2013 nanti,"paparnya.

Terkait konflik sosial, Sekarang ini persoalan akar budaya sering dimunculkan dalam perkembangan konflik sat ini, karena itu DPR ingin pemerintah menjadi penengah artinya jangan sampai masyarakat kecil merasa ditindas oleh Perusahaan besar.

Pada tempat terpisah, Ketua BKSAP Surahman Hidayat menegaskan, Indonesia sangat peduli terhadap persoalan HAM. "Konstitusi RI menegaskan jaminan Hak asasi tersebut serta UU lainnya selain itu, umat Islam mendukung kebebasan HAM di Indonesia,"katanya. (si)/foto:iwan armanias/parle.

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tugas Pemberantasan Korupsi Harus Dilakukan secara Profesional dalam Koridor Kode Etik
24-09-2020 / KOMISI III
Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry merespon keputusan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyatakan Ketua KPK...
Kaburnya Napi WNA China dari Lapas Tangerang Perlu Diinvestigasi Mendalam
24-09-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Marinus Gea mendorong adanya investigasi secara mendalam terkait kaburnya narapidana (napi) Warga Negara Asing (WNA)...
Kurangnya Sipir Bukan Alasan Lemahnya Pengawasan di Lapas
24-09-2020 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah menilai kurangnya jumlah petugas penjaga lapas atau sipir dalam melakukan pengawasan terhadap...
Kaburnya Napi WNA China dari Lapas Kelas I Tangerang Timbulkan Banyak Kejanggalan
24-09-2020 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengungkapkan peristiwa kaburnya narapidana (napi) terpidana mati warga negara asal (WNA) China...