DPR Setujui Hendar Menjadi Deputi Gubernur BI

11-07-2013 / PARIPURNA

Sidang Paripurna pada Kamis (11/7) menyetujui Hendar untuk menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Hendar akan menggantikan Muliaman D. Hadad, dikarenakan yang bersangkutan mengundurkan diri dan diangkat menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Dalam laporannya, Wakil Ketua Komisi XI Andi Timo Pangerang menyatakan, menindaklajuti penugasan dari Badan Musyawarah untuk membahas Calon Deputi Gubernur BI, pada 1 Juli 2013 Komisi XI melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada tiga calon Deputi Gubernur, yaitu Hendar, Treesna W. Suparyono, dan Mulya Siregar.

Kemudian, tambah Andi, pada 8 Juli 2013, Komisi XI melakukan rapat internal komisi untuk melakukan proses pengambilan keputusan. Ketika rapat internal berlangsung, Komisi bidang Keuangan ini menyepakati pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan suara terbanyak.

“Setelah dilakukan pemungutan dan penghitungan suara, Komisi XI DPR RI menyepakati untuk memilih Saudara Hendar dengan memperoleh 24 suara, untuk menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia menggantikan Saudara Muliaman D. Hadad sampai dengan periode 2006,” papar Andi di depan Sidang Paripurna DPR , Kamis (11/7).

Politisi Demokrat ini menambahkan, dalam voting tersebut, Hendar berhasil mengungguli dua rivalnya, dengan mengantongi 24 suara. Sementara Treesna mendapatkan 18 suara, dan Mulya 5 suara. Satu suara dinyatakan tidak sah karena memilih dua calon.

Usai Andi memaparkan laporannya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menanyakan kepada seluruh anggota dewan untuk menyetujui Hendar menjadi Deputi Gubernur, dan seluruh anggota dewan menjawab setuju dengan serempak.

“Dengan disetujuinya laporan dari Komisi XI ini, DPR telah menyetujui pengangkatan calon Deputi Gubernur, yaitu Saudara Hendar,  dan akan kita proses lebih lanjut sesuai dengan mekanisme yang ada,” tutup Priyo ketika memimpin sidang. (sf)/foto:iwan armanias/parle.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Cabut Segera RUU HIP dari Prolegnas
17-07-2020 / PARIPURNA
Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori menyatakan dengan tegas agar Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dapat segera dicabut...
Anggota DPR Minta RUU PKS Dipertahankan dalam Prolegnas 2020
17-07-2020 / PARIPURNA
Paripurna DPR RI resmi menyetujui hasil evaluasi dan perubahan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Rancangan Undang-Undang Prioritas Tahun 2020. Dari 50...
Paripurna DPR Tetapkan 20 Calon Anggota BPKN
17-07-2020 / PARIPURNA
Rapat Paripurna ke-19 mengesahkan penetapan 20 Calon Anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden guna disahkan...
DPR Beri Catatan Penanganan Covid-19
16-07-2020 / PARIPURNA
DPR RI dalam pelaksanaan fungsi pengawasan melalui Alat Kelengkapan Dewan telah melakukan rapat-rapat bersama dengan mitra kerja dan kunjungan kerja,...