DPR Setujui Lima Anggota BSBI

11-07-2013 / PARIPURNA

Sidang Paripurna pada Kamis (11/7) menyetujui lima calon anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) pilihan Komisi XI. Sebelumnya, Komisi XI mendapatkan 10 calon usulan nama dari Presiden untuk periode 2013-2016.

Dalam laporannya, Wakil Ketua Komisi XI Andi Timo Pangerang menyampaikan bahwa Komisi XI mendapatkan penugasan dari Badan Musyawarah untuk membahas calon anggota BSBI. Menindaklanjuti penugasan tersebut, pada 3 Juli 2013, Komisi XI telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 8 calon dari 10 calon yang diusulkan Presiden. Ada dua calon yang tidak mengikuti uji kepatutan dan kelayakan sesuai dengan yang sudah dijadwalkan Komisi XI, yaitu Ari Patunru dan Sidharta.

Usai menggelar uji kepatutan dan kelayakan, pada 8 Juli 2013 Komisi XI melakukan rapat internal untuk proses pengambilan keputusan. Komisi XI menyepakati pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah atau mufakat.

"Setelah mendengarkan pandangan masing-masing fraksi, Komisi XI DPR menyepakati secara bulat untuk memilih lima orang calon dari delapan calon anggota untuk menjadi Anggota BSBI periode 2013-2016," papar Andi di depan Sidang Paripurna, Kamis (11/7).

Kelima anggota BSBI yang terpilih, tambah Andi, adalah Umar Juoro, Fadil Hassan, Ahmad Erani Yustika, Sri Adiningsih, dan Chairul Djusman Djakman.

Usai Andi memaparkan laporannya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menanyakan kepada seluruh anggota dewan untuk menyetujui lima calon anggota BSBI, dan seluruh anggota dewan menjawab setuju dengan serempak.

“Dengan disetujuinya laporan dari Komisi XI ini, DPR telah menyetujui pengangkatan calon anggota BSBI untuk periode 2013-2016, dan akan kita proses lebih lanjut sesuai dengan mekanisme yang ada,” tutup Priyo ketika memimpin sidang. (sf)/foto:iwan armanias/parle.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pemerintah Harus Hadir Selesaikan Sengketa Lahan di Riau
15-09-2020 / PARIPURNA
Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Maazat mendesak pemerintah untuk hadir menyelesaikan sengketa lahan yang jumlahnya mencapai 312 kasus...
DPR Setujui RUU Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN 2019 menjadi UU
15-09-2020 / PARIPURNA
Rapat Paripurna DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanggungjawaban atas...
DPR Perjuangkan Kepentingan Indonesia di Forum Internasional
01-09-2020 / PARIPURNA
Konstitusi memberi mandat kepada DPR RI untuk mendukung dan memperkuat pelaksanaan politik luar negeri Indonesia melalui fungsi diplomasi parlemen. Ketua...
Keselamatan dan Kesehatan Masyarakat Lebih Penting dari Segalanya
01-09-2020 / PARIPURNA
Ketua DPR RI DR. (H.C.) Puan Maharani meminta Pemerintah melakukan evalusi terkait penanganan pandemi Covid-19 serta dampak yang menyertainya. Puan...