Amin Rais : TIDAK PERLU ADA KETUA MPR RI

01-10-2009 / LAIN-LAIN

Polemik mengenai siapa yang akan menduduki posisi pimpinan MPR ternyata dipandang secara radikal oleh Mantan ketua MPR RI periode 1999 – 2004. Bahkan Amin Rais menilai keberadaan Ketua MPR tidak diperlukan lagi dan dihapuskan saja.

            ”Pimpinan MPR dihapuskan saja. Pimpinan MPR cukup dari pimpinan DPR dan DPD,” ujarnya usai menghadiri pelantikan Anggota MPR/ DPR/ DPD di Gedung Nusantara, Senayan, Kamis (1/10).

Menurut ayah dari anggota periode 2009-2014, Pimpinan MPR adalah pimpinan DPR dan DPD, karena MPR merupakan sidang gabungan DPR dan DPD dimana masing-masing pimpinan sebagai culture man.

Di Amerika, amin menggambarkan, hanya ada senat (kamar atas) dan house of representative (kamar bawah). Kalau di Indonesia, kamar atas adalah DPD sedangkan kamar bawah adalah DPR. ”

”Karena di Indonesia mau berbagi-bagi kue maka untuk memperbanyak kue terjadilah pimpinan MPR sebanyak 5 (lima) orang,” katanya.

Kedepan Amin berharap Ketua MPR / DPR/ DPD dapat melaksanakan tugas pokoknya dan menjalankan nilai-nilai demokrasi pengalaman masa lalu. ”Saat ini perjalanan demokrasi sudah semakin mantap dan perlu waspada terhadap tantangan global,” tandasnya.

Tantangan global yang dimaksud adalah Indonesia harus bisa lepas dari adanya krisis pangan, energi, moral, kemanusiaan dan sosial lainnya. Apalagi Indonesia sebagai negara G 20 sangat diperlukan adanya team work (kerjasama) dari eksekutif maupun legislatif. (da/sw)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ekonomi Indonesia Jangan Sampai Masuk Jurang Resesi
10-08-2020 / LAIN-LAIN
Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II Tahun 2020 mengalami kontraksi atau-5,32 persen dibandingkan...
Pemenuhan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas Merupakan Wujud Kehadiran Negara
07-08-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengajak anak-anak penyandang disabilitas untuk tidak rendah diri dalam pergaulan, baik...
Secara Teknikal Indonesia Sudah Resesi
07-08-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menilai dilihat dari data BPS Badan Pusat Statistik, saat ini pertumbuhan ekonomi di...
Legislator Siap Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur Natuna
05-08-2020 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi V DPR RI Ansar Ahmad menegaskan siap memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Dimana, masih...