SETJEN DPR LEPAS 20 ORANG CALON HAJI 2009

21-10-2009 / LAIN-LAIN

        Deputi bidang Perundang-undangan Setjen DPR RI Sartono  memberikan sambutan bagi 17 orang Pegawai Setjen DPR dan 3 orang pensiunan pegawai DPR RI.         

        Didalam sambutannya, Sartono menjelaskan, ibadah haji merupakan mata rantai pengabdian  kita terhadap allah dan tidak dapat berdiri sendiri harus diikuti dengan ibadah lainnya.        

         Pada kesempatan tersebut, perwakilan karyawan Sumarman memberikan sambutan dan pesan kesannya serta harapannya saat menjalankan ibadah haji nanti.        

         Setelah itu, acara dilanjutkan dengan siraman rohani dari Prof Komari Anwar. dia mengatakan, ibadah haji prinsipnya merupakan penyempurnaan ritual dari ibadah. "orang sudah berangkat haji tetapi dirinya tidak solat, zakat dan infak maka ibadahnya belum sempurna,"paparnya.        

         Menurut Komari, keputusan untuk berangkat haji tidak gampang karena mereka akan terpisah dari keluarga dan jabatan. "keputusan tersebut dalam islam merupakan keputusan besar karena perjalanan haji merupakan perjalanan mendekati surga allah,"katanya.        

         Menurut Komari, setiap musim haji minimal 3 juta orang melakukan ibadah haji, semuanya, papar Komari, bisa saja dapat menjadi haji mabrur tergantung dari individunya. "haji mabrur tersebut tidak dapat kolektif, misalnya suaminya menjadi haji mabrur sementara istrinya tidak mabrur,'terangnya.   

        Dia menambahkan, setiap calon haji dapat menjadi mabrur, pertama dilihat dari niatnya yang ikhlas menunaikan ibadah haji, kedua, dilihat manasiknya. "Ketiga ditinjau dari sisi ongkos hajinya, apakah dari uang halal atau bukan, sementara yang keempat adalah hikmah setelah menunaikan ibadah haji, jadi seusai ibadah haji apakah terlihat dari perubahan perilaku orang tersebut,"ujarnya. (si/ol)           


  • SHARES
BERITA TERKAIT
F-PD DPR Kawal Penanganan Covid-19
13-07-2020 / LAIN-LAIN
Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono menegaskan bahwa F-PD DPR RI akan terus mengawal kebijakan penanganan...
Waspadai Konflik di LCS, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kekuatan Diplomasi
10-07-2020 / LAIN-LAIN
Pemerintah dinilai perlu mewaspadai ketegangan di wilayah perairan Laut China Selatan (LCS) yang meningkat akhir-akhir ini. Tidak menutup kemungkinan, terjadinya...
Terjadi Problem Mendasar Jika Persentase ‘Parliamentary Threshold’ Dinaikkan
07-07-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Thomafi menyampaikan bahwa keberadaan Undang-Undang Pemilu memang harus selalu di-update ataupun direvisi pada...
‘Parliamentary Threshold’ Diharapkan Tetap 4 Persen
07-07-2020 / LAIN-LAIN
Regulasi Pemilu sedang dibahas Komisi II DPR RI. Ada banyak klaster masalah yang mengemuka, salah satunya adalah parliamentary threshold (ambang...