INDONESIA-POLANDIA SIAP TINGKATKAN KERJASAMA

05-11-2009 / PIMPINAN

 

            Indonesia dan Polandia siap meningkatkan kerjasama yang telah terjalin seperti dibidang ekonomi. Hal itu diungkap Ketua DPR Marzuki Alie dan Duta Besar Polandia untuk Indonesia Tomas Lukaszuk saat melakukan pertemuan di ruang tamu Ketua DPR, Kamis (5/11).

            ”Kami harapkan Polandia dapat memberi dukungan pada program yang berjalan khususnya infrastruktur,” kata Ketua DPR.

            Marzukie Alie menilai hubungan kedua negara baik dalam politik maupun ekonomi juga terjalin dengan sangat baik. Bahkan dalam pertemuan itu, Ketua DPR berharap kerjasama ekonomi kedua negara dapat terus meningkat.

            Hal senada diungkap Wakil Ketua DPR Marwoto Mitrohardjono yang berharap kerjasama ekonomi kedua negara dapat terus berkembang. Ia juga menghargai keinginan dari Polandia yang ingin meningkatkan hubungan dengan Indonesia.

            ”Penghargaan yang sebesarnya atas keinginan baik Polandia untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia. Semoga neraca perdagangan kita bisa bertambah,” ujarnya.

            Dalam pertemuan itu, turut hadir mendampingi Ketua dan Wakil Ketua DPR diantaranya Tantowi Yahya, M Najib dan Nurhayati Ali Assegaf.

            Dalam pertemuan itu, M Najib berharap Grup Kerjasama Bilateral Indonesia-Polandia dapat mengunjungi negara tersebut. ”Agar optimal mohon kiranya informasi bila bertepatan dengan even besar dan penting,” katanya.

            Sementara itu Tantowi Yahya berharap ada lembaga kerjasama non politik antara kedua negara. Lembaga itu lebih fokus pada bidang budaya dan kesenian. ”Ini untuk meningkatkan hubungan kedua negara supaya lebih erat,” katanya.

            Dalam pertemuan itu, Dubes Polandia Tomas Lukaszuk menilai Indonesia mempunyai banyak potensi. ”Indonesia punya potensi yang sangat luar biasa,” katanya.

            Ia menjelaskan di Jakarta, ada sejumlah perwakilan khusus perusahaan besar Polandia. Dengan adanya perwakilan tersebut diharapkan kerjasama ekonomi dan investasi kedua negara dapat terus berkembang.

            ”Kerjasama Indonesia-Polandia sangat luar biasa,” katanya.

            Lebih jauh, Tomas menjelaskan bahwa kesenian Indonesia sangat terkenal di negaranya. Bahkan ada tiga tempat di Polandia yang menjadi tempat latihan membatik warga negara setempat. (bs)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU Dwi Kewarganegaraan Harus Dikaji Mendalam
02-12-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Dwi Kewarganegaraan yang sudah sejak lama masuk dalam Program...
Azis Syamsuddin: Kinerja DPR di Masa Pandemi Terbantu E-Parlemen
02-12-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyatakan pentingnya E-Parlemen dalam mendukung kinerja DPR RI. Menurut Azis, E-Parlemen membuat DPR...
Azis Syamsuddin Optimis Indonesia Mampu Kendalikan Covid-19
01-12-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin membenarkan pernyataan optimis Presiden Joko Widodo terkait kemampuan pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19...
Jelang Pilkada, Kerawanan Konflik Papua Harus Diantisipasi
01-12-2020 / PIMPINAN
Pemetaan yang dilakukan Polda Papua terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang menunjukkan terdapat lima daerah...