DPR RI "Go Mobile"

09-11-2009 / LAIN-LAIN

         Maraknya penggunaan Handphone dalam mengakses berbagai informasi di dunia maya, mendorong tenaga ahli setjen DPR RI mengembangkan teknologi mobile terkini, sehingga situs www.dpr.go.id dapat diakses dimana saja melalui handphone celullar.

         Tepatnya, awal November, teknologi ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat. rakyat Indonesia dapat mengakses situs DPR melalui handphone mereka dengan mengetik alamat http : m.dpr.go.id.         

"Saat ini teknologi internet sudah banyak diakses masyarakat melalui handphone karena itu kita mengembangkan teknologi ini agar masyarakat dapat mengetahui kegiatan Dewan,"kata tenaga Ahli P3DI Andi Mardinsyah saat diwawancarai mengenai perkembangan teknologi tersebut.          

Menurut Andi, melalui web mobile DPR, mereka dapat mengakses kanal berita, agenda hari ini, agenda yang akan datang, daftar anggota dan aspirasi. "Bahkan tadi sudah ada orang yang menyampaikan aspirasi ke kami khususnya mengenai penerimaan CPNS yang dilaksanakan oleh Setjen DPR RI, dalam tulisannya dia menginginkan penerimaan yang bersih dan bebas calo,"katanya.           

Dia menambahkan, kedepan nantinya produk legislasi DPR dapat diakses melalui Handphone juga alat-alat kelengkapan dewan. "Kita masih menunggu feedback dari masyarakat dan masukannya, karena itu kita memohon bantuan masyarakat Indonesia untuk memberikan saran kedalam kanal aspirasi maupun bantuan khususnya webmaster di kanal situs DPR,"paparnya.           

Andi menjelaskan DPR mobile internet menggunakan teknologi terkini yaitu web 2.0 dan Ajax. Karena teknologi ini cenderung tidak memakan resources besar artinya lebih cepat dibandingkan teknologi lainnya. "Sistem ini memudahkan kita dalam mengkases data yang kita inginkan,"terangnya.           

Dia menambahkan,  web mobile dpr.go.id merupakan web pertama di dunia yang memakai sistem ajax. "orang banyak ketakutan sistem ini tidak bisa jalan,"katanya.           

Kedepannya, terang Andi, Tim ahli P3DI akan mengembangkan video streaming mengenai kegiatan DPR sehingga dapat diakses melalui HP.            

Teknologi lainnya yang akan dikembangkan oleh tenaga ahli yaitu pengembangan push email dpr.go.id. tujuannya, papar Andi, diperuntukan bagi karyawan, staf, maupun anggota dewan karena sebelumnya mail DPR kurang menarik dan tidak dipercaya oleh pemakainya.           

Andi memaparkan selain push email, pihaknya juga akan mengembangkan sms gateway. melalui sms ini, terangnya, diperuntukkan bagi staf komisi yang bertugas memberitakan agenda rapat. "Melalui ini bisa langsung ke sebar informasi dalam 1 menit,"paparnya.           

Tenaga Ahli hasil kerjasama Setjen DPR dengan World University Komite Indonesia (Wuski) yang mengerjakan pengembangan situs DPR RI dan web mobile terdiri dari beberapa orang diantaranya, Andi Mardinsyah, Anang Zakiyaman Asnar, Fariza Emra, Erdinal Hendradjaja, dan Maurice Gunawan. (si)      


  • SHARES
BERITA TERKAIT
F-PD DPR Kawal Penanganan Covid-19
13-07-2020 / LAIN-LAIN
Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono menegaskan bahwa F-PD DPR RI akan terus mengawal kebijakan penanganan...
Waspadai Konflik di LCS, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kekuatan Diplomasi
10-07-2020 / LAIN-LAIN
Pemerintah dinilai perlu mewaspadai ketegangan di wilayah perairan Laut China Selatan (LCS) yang meningkat akhir-akhir ini. Tidak menutup kemungkinan, terjadinya...
Terjadi Problem Mendasar Jika Persentase ‘Parliamentary Threshold’ Dinaikkan
07-07-2020 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Thomafi menyampaikan bahwa keberadaan Undang-Undang Pemilu memang harus selalu di-update ataupun direvisi pada...
‘Parliamentary Threshold’ Diharapkan Tetap 4 Persen
07-07-2020 / LAIN-LAIN
Regulasi Pemilu sedang dibahas Komisi II DPR RI. Ada banyak klaster masalah yang mengemuka, salah satunya adalah parliamentary threshold (ambang...