Agenda


[Index Agenda]

09-Feb-2010, Pukul: 09:00

RDP Komisi VI DPR-RI dengan Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Agro Industri, Pertanian, Kehutanan, Percetakan, dan Penerbitan beserta PT. Perkebunan Nusantara II, VII, IX, X, XI, XIV, RNI dan PT. Perhutani (Perseo)

DAFTAR PERTANYAAN KOMISI VI DPR-RI
DALAM RANGKA RAPAT DENGAR PENDAPAT (RDP)
DENGAN
DEPUTI KEMENTERIAN NEGARA BUMN RI BIDANG USAHA AGRO INDUSTRI, PERTANIAN, KEHUTANAN, KERTAS, PERCETAKAN, DAN PENERBITAN SERTA BUMN PERKEBUNAN (PTPN II, VII, X, XI, XIV, PT. RNI) dan PT. PERHUTANI

Tentang : Masalah Kinerja BUMN Perkebunan, PT. Perhutani, masalah Sumbangan deviden kepada negara, Pengelolaan DAPENBUN dan Penerapan Good Corporate Governance

Selasa, 9 Februari 2010

A. PENGANTAR

Salah satu sumber penerimaan negara adalah dari laba dan deviden yang disumbangkan oleh BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutananan. Namun dalam prakteknya BUMN Perkebunan yang diharapkan dapat memberikan sumbangan ternyata kinerjanya belum optimal, Terlebih lagi dengan BUMN Kehutanan yang keadaannya lebih menyedihkan karena sebagian besar menderita kerugian. Oleh karena itu Komisi VI DPR RI bermaksud mendapatkan penjelasan resmi dari Kantor Kementerian Negara BUMN perihal kinerja BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan, khususnya pada BUMN Perkebunan yang belum optimal dan BUMN Kehutanan yang masih merugi. Selain itu tataniaga komoditi perkebunan yang diatur oleh Kantor Pemasaran Bersama (KPB) dan Tataniaga produk-produk kehutanan juga menjadi concern Komisi VI DPR RI. Salah satu upaya meningkatkan kinerja BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan adalah sejauh mana prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) menjadi pijakan dari setiap langkah manajemen telah diterapkan di lingkup BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan, termasuk pelaksanaan tender yang dilakukan oleh sejumlah PTPN/INHUTANI yang ditengarai masih bernuansa KKN. Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR RI dengan Kementerian Negara BUMN dan para Direksi BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan adalah salah satu sarana untuk mendapatkan penjelasan resmi dari pemerintah, cq BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan selaku mitra kerja Komisi VI DPR RI.

B. PERTANYAAN

1. Terhadap kinerja BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan yang belum optimal / masih merugi .Apa langkah dan kebijakan strategis yang dilakukan Meneg BUMN dalam upaya pembinaan dan peningkatan kinerja BUMN Perkebunan / BUMN Kehutanan yang belum sehat tersebut ?

2. Harap bisa diberikan gambaran mengenai kinerja BUMN Perkebunan (khususnya PTPN II, VII, IX, X, XI, XIV, PT. RNI) dan Perum Perhutani baik dari aspek manajemen maupun keuangan (lampirkan data-data keuangan, analisis rasio keuangan; R/L dan indikator kesehatan BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan tersebut selama 3 tahun terakhir). Apa tindakan dan langkah-langkah BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan menyikapi rendahnya ROA karena asset/tanah yang dikuasai tidak produktif ?.

3. Harap diberikan gambaran aspek teknis produksi dari masing-masing komoditi yang dihasilkan BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan selama 3 tahun terakhir ?. Bagaimana produksi dan produktivitas yang dihasilkan BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan tersebut dibandingkan dengan perusahaan lain sejenis sebagai benchmark?. Upaya-upaya apa yang dilakukan oleh pihak deputi Meneg BUMN maupun manajemen dari masing-masing PTPN/INHUTANI dalam meningkatkan produksi dan produktivitas dan komoditi yang dihasilkan sehingga dapat sebanding dengan produk yang dihasilkan oleh BUMN ?.


4. Berkaitan dengan adanya pengaturan tataniaga komoditas perkebunan yang yang dilakukan oleh Kantor Pemasaran Bersama (KPB) dan Produk kehutanan/kayu lapis yang dilakukan oleh APKINDO. Apakah kebijakan ini tidak melanggar UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Tak Sehat ? Bagaimana dampak dari penetapan harga yang dilakukan oleh KPB/APKINDO terhadap Penerimaan/Pendapatan Petani atau Pekebun Rakyat ?.

5. Terhadap sumbangan deviden yang harus dilakukan oleh BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan bagi Penerimaan Negara. Harap diberikan gambaran mengenai target dan realisasi deviden yang disumbangkan oleh BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan (jika ada) terhadap Penerimaan negara selama 3 tahun terakhir ?.

6. Harap dijelaskan langkah dan kebijakan strategis yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Negara BUMN dalam upaya mencegah terjadinya praktek-praktek KKN yang terjadi di sejumlah BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan utamanya dalam tender pengadaan barang baik dalam pengadaan farm suplies (bibit, pupuk, pestisida) maupun pemasaran hasil yang dilakukan dengan pihak ketiga ?

7. Sejauhmana prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) telah diterapkan di sejumlah BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan sejak era Kemeterian Negara BUMN pada Kabinet Indonesia bersatu dan jelaskan hasil evaluasi / temuan dari kebijakan penerapan GCG tersebut ?.

8. Harap dijelaskan proses, mekanisme uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) bagi sejumlah Direksi PTPN / Direksi Perum Perhutani yang telah dan akan mengakhiri masa tugasnya ?

9. Harap dijelaskan Kinerja DAPENBUN (lampirkan laporan Keuangan R/L)? Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan pihak manajemen berkaitan dengan dugaan adanya penyertaan modal fiktif dalam kerjasama dengan pihak Ketiga ?

10. Harap jelaskan bidang usaha, mekanisme pengumpulan dana, pembagian usaha dan mekanisme kerjasama yang dilakukan DAPENBUN dengan pihak ketiga serta manfaat yang diperoleh dengan adanya kerjasama tersebut bagi semua stakeholder (manajemen, karyawan, pekerja dan Pemerintah) ?

11. Harap jelaskan bidang usaha, mekanisme pengumpulan dana, pembagian usaha dan mekanisme kerjasama yang dilakukan oleh INHUTANI dengan pihak ketiga serta manfaat yang diperoleh dengan adanya kerjasama tersebut bagi semua stakeholder (manajemen, karyawan, pekerja dan Pemerintah) ?

12. Jelaskan pula hasil pengumpulan dan penggunaan Dana Reboisasi (DR) yang dilakukan oleh sejumlah BUMN Kehutanan ? Bagaimana mekanisme pengumpulan, penggunaan dan laporan pertanggungjawabannya ?

13. Harap dijelaskan tindak lanjut dari rencana Program Restrukturisasi dan Privatisasi BUMN Perkebunan, khususnya terkait dengan rencana pembentukan holding dan pelepasan saham IPO sejumlah Perusahaan Perkebunan ?


PERTANYAAN KHUSUS UNTUK MASING-MASING PT.PN :

1. Harap dijelaskan perkembangan program transformasi bisnis yang dilakukan oleh masing-masing PTPN sesuai dengan Rencana Bisnis (Business Plan) yang ada ?

2. Harap dijelaskan implementasi dari Program Pengembangan Usaha masing-masing PTPN baik yang dilakukan secara mandiri maupun kerjasama dengan pihak ketiga ?

3. Harap dijelaskan perkembangan kinerja masing-masing PTPN selama 3 tahun terakhir (lampirkan aspek keuangan R/L dan Pencapaian KPI) ?

4. Harap jelaskan Implementasi dari Rencana Proyek Kerjasama yang dilakukan PTPN dengan negara-negara lain (jika ada) ?

5. Harap dijelaskan perkembangan penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di lingkungan BUMN Perkebunan selama 3 tahun terakhir (lampirkan data penyaluran, perguliran dana, dan tingkat pengembalian untuk masing-masing PTPN Penyaluran Program PKBL) ?


PERTANYAAN KHUSUS UNTUK PT. RNI DAN PERUM PERHUTANI :

1. Harap dijelaskan perkembangan program transformasi bisnis yang dilakukan oleh masing-masing PT. RNI dan Perum Perhutani sesuai dengan Rencana Bisnis (Business Plan) yang ada ?

2. Harap dijelaskan implementasi dari Program Pengembangan Usaha PT. RNI dan Perum Perhutani baik yang dilakukan secara mandiri maupun kerjasama dengan pihak ketiga ?. Harap dijelaskan perkembangan kinerja masing-masing Perusahaan selama 3 tahun terakhir (lampirkan aspek keuangan R/L dan Pencapaian KPI) ?

3. Harap jelaskan Implementasi dari Rencana Proyek Kerjasama yang dilakukan PT. RNI dan Perum Perhutani dengan pihak ketiga (jika ada) ?

4. Harap dijelaskan perkembangan penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di lingkungan BUMN Kehutanan selama 3 tahun terakhir (lampirkan data penyaluran, perguliran dana, dan tingkat pengembalian untuk masing-masing PT. INHUTANI/Perum Perhutani Penyaluran Program PKBL dikaitkan dengan Program Pengembangan Hutan Masyarakat ) ?

KOMISI VI DPR-RI


[Back]