DPR-RI - Bantuan

RSS Feed

Apa itu RSS?

RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindication, yaitu suatu sistem yang memungkinkan Anda untuk berlangganan/ mendapatkan secara teratur artikel-artikel terbaru dari situs favorit Anda secara otomatis. File yang dibentuk dalam format RSS biasanya disebut sebagai pengumpan RSS atau RSS Feeds. File pengumpan ini berisi judul dan atau ringkasan suatu artikel dari situs yang menyediakan layanan RSS.

Apa yang dibutuhkan untuk menggunakan RSS?

Anda membutuhkan suatu program untuk membaca file RSS yang kemudian akan mengarahkan anda ke situs bersangkutan untuk membaca artikel tadi secara lengkap. Program ini biasa disebut sebagai pembaca RSS atau RSS Reader. Ada banyak program pembaca RSS yang disediakan secara gratis, yang umumnya dibedakan dalam dua jenis. Jenis pertama adalah yang berbasis penjelajah web seperti My Yahoo dan Google Reader, ataupun program pembaca RSS yang telah terintegrasi di dalam penjelajah web itu sendiri. Jenis kedua adalah program pembaca RSS yang berdiri sendiri seperti FeedDemon dan NewsGator atau pun yang terintegrasi dengan program kolaborasi e-mail seperti Outlook dan Thunderbird.

Bagaimana mendapatkan layanan RSS?

Untuk menggunakan RSS Anda harus lebih dahulu berlangganan pada situs yang menyediakan layanan tersebut, biasanya ditandai dengan tombol oranye seperti ini: . Setelah itu anda akan diberitahu bila ada artikel/berita baru di situs tersebut melalui program pembaca RSS yang Anda pilih.

Bagaimana cara berlangganan RSS DPR RI?

Pada Situs www.dpr.go.id Anda dapat berlanggana Berita-berita seputar DPR RI dan Agenda Acara di DPR RI.

Di bagian bawah sebelah kiri situs DPR RI ada dua logo RSS berwarna oranye seperti ini:


News Feed     Agenda Feed

  News       Agenda


Klik pada salah satu logo tersebut untuk berlangganan Berita atau Agenda DPR RI. Bila browser anda telah memiliki program pembaca RSS yang terintegrasi maka Anda akan di bawa ke halaman RSS DPR RI.

Klik tombol "Subscribe" untuk mulai berlangganan.