Komisi-II



Komisi II DPR Umumkan Nama Calon DKPP

04-Jun-2012


 

 Komisi II DPR umumkan 3 (tiga) nama calon anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), ketiga nama tersebut adalah,Jimly Asshiddiqie , Saud Hamonangan Sirait dan Nurhidayat Sardini.

"Ketiga nama tersebut merupakan hasil musyawarah mufakat usulan dari fraksi-fraksi DPR,"kata Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar Sudarsa,saat Raker dengan pemerintah di Gedung DPR,Jakarta,Senin (4/6).

Sebelumnya,dalam rapat tersebut, Komisi Pemilihan Umum juga mengusulkan Ida Budhiarti sebagai  calon anggota DKPP,dan begitupula Bawaslu mengusulkan Nelson Simandjuntak sebagai calon anggota DKPP.

Namun demikian,salah satu unsur perwakilan dari pemerintah, melalui Dirjen Kesbangpol Tanribali Lamo mewakili Mendagri yang berhalangan hadir,belum bisa mengumumkan 2 (dua) nama calon anggota DKPP,menurutnya pihaknya telah mengirimkan 4 (empat) nama yang diusulkan ke Presiden dan sampai saat ini masih menunggu  keputusan.

Selanjutnya nama-nama calon anggota tersebut akan dibawa ke Rapat Paripurna,Selasa (5/6) besok untuk disahkan.

Pengusulan nama-nama calon anggota DKPP tersebut, secara resmi akan diusulkan KPU kepada Presiden untuk ditetapkan.

“Adapun persoalan proses administratif penerbitan keputusan presidennya, sampai dengan pengucapan sumpah, tempat dan waktu serta tanggalnya, semuanya diserahkan kepada pemerintah, namun tidak boleh lebih dari tanggal 12 Juni,”jelas Agun.

 

Sebelumnya,pada rapat terdahulu telah disepakati bersama antara DPR dan Pemerintah mengenai 7 (tujuh) nama calon terdiri dari 3 (tiga) nama tokoh masyarakat diusulkan oleh DPR,2 (dua) nama tokoh masyarakat mewakili unsur pemerintah, dan 1 (nama) calon perwakilan dari KPU dan Bawaslu.(nt) foto:wy/parle

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]