Komisi-III



Komisi III Tinjau Realisasi Perbaikan Lembaga Pemasyarakatan di Sumut

28-Okt-2011


Janji pemerintah untuk terus melakukan perbaikan baik pelayanan maupun infrastruktur pendukung di Lembaga Pemasyarakatan (LP) akan menjadi salah satu fokus perhatian dalam kunjungan kerja (kunker) Komisi III DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara.

“Over kapasitas di Lapas ini harus terus dipantau karena perkembangannya lambat. Solusi pembangunan Lapas ada yang sudah kita setujui, kita cek langsung apakah kenyataan lapangan sesuai dengan laporan yang diberikan kepada kita,” kata anggota Komisi III dari FPAN, Yahdil Abdi Harahap di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (28/10/11).

Sementara itu bicara pada kesempatan berbeda anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat, Edi Ramli Sitanggang secara khusus akan menindaklanjuti beberapa laporan masyarakat yang diterimanya. “Saya menerima laporan adanya dugaan pengkriminalisasian yang dilakukan aparat kepolisian, kita akan minta pertanggungjawaban Kapolda,” tegasnya.

Secara khusus ia juga mempertanyakan kinerja aparat terkait maraknya pencurian CPO di jalan, serta aksi penyeludupan narkoba di pelabuhan kecil di Sumatera Utara. Bagi wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumut III ini, beberapa agenda selama kunker merupakan bagian dari evaluasi kinerja mitra kerja.

Jadwal yang disampaikan Sekretariat Komisi III, pada hari pertama 31 Oktober 2011, Tim Kunker Komisi III akan melangsungkan pertemuan dengan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Kejaksaan Negeri se-Provinsi Sumatera Utara. Setelah itu malamnya pukul 19.30 wib dilanjutkan pertemuan dengan Ketua Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Tinggi PTUN dan Pengadilan Tinggi Militer.

Pada hari kedua 1 November, Tim Kunker akan meninjau Lembaga Pemasyarakatan dilanjutkan pertemuan dengan Kakanwil Kementrian Hukum dan HAM. Selanjutnya pukul 13.00 wib Kapolda Sumut dan jajarannya akan menyampaikan penjelasan terkait masalah keamanan di wilayahnya.

Tim Kunker Komisi III DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara pada masa reses masa persidangan I tahun sidang 2011 – 2012 berjumlah 19 orang, dipimpin oleh Ketua Komisi Benny K. Harman. Anggota tim dari FPD terdiri dari Dasrul Djabar, Ruhut Sitompul, Edi Ramli Sitanggang, Daday Hudaya dan Muhammad Nasir. Dari FPG, Nudirman Munir, Dewi Asmara, Andi Rio Idris Panjalangi dan Mahyudin.

Sementara itu FPDIP 3 orang yaitu, Trimedya Panjaitan, Achmad Basarah dan M. Nurdin. FPKS, Nasir Djamil dan Abu Bakar Al Habsy. FPAN, Yahdil Abdi Harahap. FPPP, Ahmad Koerdi Moekri. FPGerindra, Martin Hutabarat. FP Hanura, Sunardi Ayub. (iky)

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]