Komisi-V



Komisi V DPR RI Minta Terminal Ampelas di Renovasi

12-Des-2011


Komisi V DPR RI yang membidangi masalah perhubungan meminta pemerintah  untuk merenovasi Terminal Ampelas Medan di renovasi, pasalnya, dari hasil kunjungan itu, terminal terbesar di Sumut ini dinilai masih bermasalah dalam drainase juga infrastruktur hingga pelayanan.

“Setelah kami tinjau, Terminal Ampelas Medan yang merupakan terminal tipe A perlu di renovasi, untuk itu kami akan bantu memberikan dukungan serta memperjuangkan anggarannya, supaya terminal ini kedepannya lebih bagus dan nyaman bagi penumpang,” kata Ketua Tim Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI Ali Wongso HS(F-PG) bersama anggota tim lainnya yakni Iskan Qolba Lubis (F-PKS), Usmawarnie Peter (F-PD), dan Sunartoyo (F-PAN) saat meninjau Terminal Ampelas Medan, Senin (12/12)

Dalam kunjungan yang didampingi Wali Kota Medan Rahudman Harahap, itu Komisi V DPR langsung meninjau ke dalam Terminal Amplas; mulai dari pool bus hingga pemeriksaan uji kelayakan kendaraan. “Terminal Amplas ini sudah layak untuk direnovasi, mengingat terminal ini juga tipe A, termasuk pengujian kendaraan harus dilakukan semaksimal mungkin dan sesuai standar yang berlaku karena ini menyangkut keselamatan penumpang,” tambahnya.

Dikatakan Ali Wongso, kunjungan ini dalam rangka untuk melihat persiapan pemerintah daerah dalam mengantisipasi lonjakan penumpang di saat Natal2011dan Tahun Baru2012. Sebab di akhir tahun biasanya akan terjadi lonjakan penumpang baik dari Jakarta ke Sumatera ataupun sebaliknya. Selain itu, melihat langsung kondisi terminal yang ada di Medan.

Sebelumnya anggota Komisi V DPR RI juga meninjau lokasi rencana pembangunan fly over Jamin Ginting (Simpang Pos). “Kami berharap pembangunan fly over sudah dapat dilakukan pada 2012 dan pada 2013 harus tuntas, sehingga bisa mendukung kelancaran lalu lintas kota dari Medan ke Brastagi,” ujar Ali Wongso.

Ditambahkan anggota lainnya, Iskan Qolba Lubis pihaknya juga turut melakukan peninjauan Pelabuhan Belawan juga Bandara Polonia Medan. “Selain melihat kondisinya langsung, kami juga berkeinginan untuk mengetahui apa yang seharusnya dibenahi, sehingga infrastruktur transportasi di Medan baik dan nyaman bagi penumpang,” jelas Iskan.

Turut hadir juga dalam peninjauan itu dari Kementerian PU yakni Kasubdit Wil IB Bina Marga Kementerian PU Zamharir Basuni dan Kasatker Metropolitan Medan Ditjen Bina Marga Kementerian PU Malatua.

Wali Kota Medan, Rahudman Harahap menyambut baik kunjungan yang dilakukan anggota Komisi V DPR RI. “Kita mengapresiasi kunjungan anggota Komisi V DPR RI ini dalam rangka melihat infrastruktur kota ini. Tadi kita juga sudah meninjau jalan-jalan negara, fly over Jamin Ginting dan rencana Under Pass Titi Kuning. Tahun depan direncanakan jalan Tritura akan dilebarkan untuk mendukung pembangunan fly over Jamin Ginting sehingga bisa lebih representatif,” jelas Rahudman.

Sebelumnya, Rahudman juga sudah menyebutkan, kalau dua terminal di Medan yakni Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris pada  2012 akan segera direnovasi. Sebab, pemerintah pusat juga sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp8 miliar untuk renovasi dua terminal tersebut yang masing-masing Rp4 miliar.

 SejumlahToilet KM Kelud Rusak

Setelah melakukan peninjauan ke Terminal Ampelas, Tim Komisi V DPR kembali melihat kesiapan armada angkutan di Pelabuhan Belawan, disini Tim menemukan sejumlah toilet kelas ekonomi KM Kelud tidak berfungsi.

Termuan tersebut membuat anggota dewan yang membidangi perhubungan itu merasa kaget dan tampak kecewa. “Toilet ini sangat dibutuhkan penumpang selama dalam perjalanan. Jadi PT Pelni harus segera melakukan perbaikan,” ujar Ali Wongso kepada GM PT Pelni Medan Budandi.

Dalam peninjauannya itu anggota Komisi V DPR juga meninjau fasilitas di kapal seperti tempat tidur penumpang di kelas ekonomi. Kepada pengelola KM Kelud, untuk itu DPR meminta agar pelayanan terhadap fasilitas terutama toilet lebih ditingkatkan.

Turut serta dalam kunjungan itu, Syahbandar Pelabuhan Belawan Benny Tangkuman, Direktur Operasi dan Tekhnik Pelindo I Medan Imam A Sulaiman, General Manager (GM) PT. Pelni Medan Budandi dan GM Pelindo Belawan Syahputera Sembiring MSM.(nt)

  

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]