Lain-lain



Wasekjen DPR Harapkan Pamdal Tingkatkan Profesionalitas

17-Apr-2013


Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR/MPR/DPD RI serta Kepolisian yang ada di lingkungan  Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, mengadakan apel bersama pengamanan. Apel bersama dipimpin oleh Inspektur Apel Wakil Sekjen DPR RI Achmad Djuned digelar di halaman Gedung Nusantara II DPR RI, Rabu (17/04).

Kegiatan ini merupakan acara rutin memasuki masa reses. Dalam masa reses saat ini anggota DPR lebih banyak berada di daerah pemilihan masing-masing, sehingga pamdal banyak melakukan kegiatan terutama bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP).

“Pada prinsipnya semua kegiatan yang dilakukan pamdal harus sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP)dan tidak melanggar hak asasi manusia (HAM) sehingga mampu meningkatkan profesional. Apalagi  memasuki tahun politik tahun 2013, disusul pemilu pada tahun 2014 dan selanjutnya pelantikan Anggota DPR dan Presiden pada tahun yang sama. Oleh karena itu mulai dari sekarang kita harus meningkatkan profesionalisme pamdal, ” tandas Wakil Sekjen DPR RI Achmad Djuned.

Dikatakannya, peran pamdal di DPR sebagai lembaga politik banyak menghadapi dinamika. Oleh karena itu pamdal sebagai satuan  terdepan selalu harus waspada terhadap adanya bahaya-bahaya seperti  gangguan keamanan dan terorisme. Selain itu pamdal harus mampu menangani unjuk rasa yang hampir setiap hari selalu terjadi di DPR RI dengan jumlahnya cukup banyak bahkan hingga ribuan pendemo. Oleh karenanya pamdal dituntut untuk dapat memberikan pengamanan secara profesional.

 Peningkatan profesionalisme, ujar Wasekjen DPR, petugas Pamdal hendaknya selalu menjaga kesehatan fisik dan dalam menjalankan tugasnya  selalu menjunjung tinggi dan harus taat pada HAM.

Keberadaan pamdal amat sangat penting bagi kegiatan-kegiatan anggota dewan, sekretariat dan bagi orang-orang dilingkungan Setjen DPR. Tugas pamdal yang utama yaitu  pengamanan material seperti barang dan asset-aset negara. Selain itu pengamanan personal yaitu pengaman bagi orang-orang yang beraktifitas dilingkungan Setjen DPR.

Tidak akan mungkin kegiatan-kegiatan kedewanan akan berjalan dengan lancar tanpa adanya pengamanan yang baik dan kerjasama dengan orang-orang dilingkungan Setjen DPR. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Biro Umum Setjen DPR RI Mardian Umar “Kami mengharapkan adanya pengertian dan kerjasama dari seluruh pihak yang beraktifitas di lingkungan Setjen DPR untuk menciptakan rasa aman dan nyaman. Karena pamdal saja tidaklah mungkin bisa bekerja tanpa dukungan dari orang-orang yang beraktifitas disini” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kabag Pengamanan Dalam Setjen DPR, Dwi Marjanto seusai apel bersama pamdal DPR/MPR/DPD RI. “ Dalam menangani demonstran pamdal harus menunjukan profesionalisme kerjanya karena mereka yang unjuk rasa ingin menyampaikan aspirasi ke DPR. Apel bersama merupakan upaya Pamdal DPR RI untuk meningkatkan kordinasi antar lembaga yang ada dalam satu lingkungan yaitu DPR, MPR dan DPR RI” tambahnya. (wy) foto:wahyu/parle

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]