Pimpinan



Pemekaran Papua akan di Prioritaskan

11-Jan-2012


Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, khusus pemekaran daerah di Papua perlu ada perhatian dan prioritas khusus yang bertujuan mempercepat kesejahteraan rakyat Papua. "Nanti kita akan bicarakan saat rapat konsultasi dengan presiden khusus mengenai pemekaran daerah," kata Ketua DPR Marzuki Alie, saat menerima perwakilan tokoh adat Papua barat di Gedung Nusantara III, Rabu, (11/1).

Menurutnya, persoalan pemekaran menjadi persoalan nasional pasalnya, perlu diperhatikan wilayah, masyarakat, potensi daerah dan sebagainya. " Sebelumnya ada daerah yang menjadi ring of fire atau daerah bencana dimekarkan, ini menjadi isu tersendiri karena bagaimana mungkin daerah itu bisa berkembang,juga pernah ada daerah pemekaran yang sebagian besar wilayahnya hutan lindung, ini juga tidak mungkin dikembangkann"paparnya.

Perwakilan masyarakat Papua Barat, Jimmy D. Idjie mengatakan, persoalan papua dapat diselesaikan dengan cara damai salah satunya yaitu melalui percepatan pembangunan melalui pemekaran daerah. "Persoalan di Papua  muncul dengan maraknya demam merdeka dimana ada dua kubu merdeka keluar dari NKRI, dan merdeka melalui bingkai NKRI,"katanya.

Dia menambahkan, pemekaran daerah jangan dianggap sebagai beban tetapi merupakan solusi damai bagi masyarakat sekitar. Dirinya mendukung lahirnya provinsi maupun daerah pemekaran baru, seperti papua selatan maupun tengah.

Menyinggung pembakaran rumah Gubernur di Papua Barat, dia mengharapkan kasus serupa tidak terulang dimasa mendatang. Karena seluruh masyarakat prinsipnya menginginkan terpeliharanya suasana damai dan tidak dipengaruhi  oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. "Kasus rumah Gubernur terbakar itu tidak ada yang memerintah karena rakyat melihat hasil MK yang memenangkan Gubernur terpilih hingga akhirnya kecewa kemudian muncul kasus tersebut,"paparnya. (si)

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]