Pimpinan



Polandia Adalah Salah Satu Sahabat Terpenting Indonesia di Eropa

07-Jan-2013


 

Polandia adalah salah satu negara terpenting Indonesia di kawasan Eropa. Ini terbukti hubungan kedua negara sudah terjalin sejak 58 tahun yang lalu, yakni sejak hubungan diplomatik dibuka tahun 1955.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso ketika menerima kunjungan Delegasi Parlemen Polandia dipimpin Krzysztof Klosowski, di Gedung Nusantara III DPR RI, Senin (7/1).

Menurut Priyo, hubungan kedua negara terus berkembang dengan ditandai posisi saling kunjung pejabat tinggi kedua negara baik parlemen maupun eksekutif diantaranya kunjungan Presiden Soekarno tahun 1959, Presiden Megawati tahun 2003. Sebaliknya kunjungan balasan juga dilakukan Presiden Polandia Alexander Zawadski tahun 1961 dan Presiden Lech Walesa tahun 2010.

Lebih lanjut kata Pimpinan DPR Koordinator Politik, hubungan baik itu juga ditandai dengan bantuan Polandia terhadap Indonesia untuk bencana Tsunami Aceh dan Sumatera Utara tahun 2004 dan gempa bumi Yogyakarta tahun 2006.

Meski demikian Priyo berharap hubungan di  bidang ekonomi dan perdagangan perlu ditingkatkan lagi mengingat neraca perdagangan masih kecil. Data dari Badan Penanaman modal Polandia, nilai investasi Indonesia di Polandia sampai kuartal I tahun 2012 tercatat USD 7 juta pada sektor elektronik dan usaha peti kemas. Sementara investasi Polandia di Indonesia tercatat USD 155 juta pada sektor pertambangan batu bara, furniture dan pertanian.

Pada kesempatan ini Priyo mengharapkan perlunya hubungan kedua parlemen terus ditingkatkan sebagai second track diplomacy untuk pengembangan kerjasama kedua negara dengan menjalin dan menambah intensitas saling kunjung parlemen kedua negara.

Delegasi Parlemen Polandia juga berkesempatan menghadiri Sidang paripurna DPR yang bertepatan dengan Pembukaan Masa Persidangan III tahun sidang 2012/2013 dan mendapat sambutan hangat para anggota Dewan yang hadir dalam acara tersebut.

Delegasi Parlemen Polandia  selanjutnya mengadakan dialog dengan Badan Kerja Sama Antara Parlemen (BKSAP) DPR-RI dan Komisi I DPR serta akan mengunjungi Bandung dan Bali.(mp)/foto:iwan armanias/parle.

Foto-foto Terkait

‹ Prev
Next ›

[Back]