Profil

EE Mangindaan


Mantan Gubernur pecinta bola idamkan
Indonesia yang kuat dan Makmur

Sosok Evert Erenst Mangindaan sangat familiar di daerah Sulawesi Utara (Sulut), bahkan hampir semua orang mengenalnya! Mantan Gubernur Sulut yang sangat menggemari Sepak bola sudah malang melintang didunia politik.
Sejak era Orde Baru dirinya telah mengawali karier politiknya melalui Partai Golkar bahkan pada tahun 1995-2000 Mangindaan mendapatkan kepercayaan menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Sulut.
Seiringnya perubahan, di era reformasi, Mangindaan mengidamkan negara Kesatuan Indonesia yang lebih kuat dan baik sehingga dapat tercipta Indonesia yang sejahtera dan makmur,
Oleh sebab itu, ketika Susilo Bambang Yudhoyono mendirikan Partai Demokrat, Mantan Gubernur ini dengan yakinnya berpindah gerbong dan memilih Partai Demokrat sebagai tumpuannya dalam menyalurkan aspirasi dan impiannya terhadap kemajuan Indonesia di masa mendatang.
Keterlibatannya di Partai Demokrat mendapat apresiasi oleh pendukung partai tersebut, dengan kualitas, kompetensi dan kepiawaiannya menbuat dirinya ditunjuk menjadi Sekjen Partai Demokrat.
Pada pemilu 2004 lalu, ayah tiga orang anak kelahiran Solo, Jawa Tengah tahun 1943 ini, dipasang partainya sebagai calon legislatif dari Sulawesi Utara. Karena besarnya dukungan dari warga Sulut akhirnya suara Mangindaan membludak sehingga dirinya terpilih sebagai anggota legislatif Partai Demokrat dari Sulawesi Utara.
Keterlibatan Mangindaan sebagai seorang wakil rakyat terutama di Komisi II yang membidangi pemerintahan daerah dan dalam negeri sangat menonjol sehingga dirinya terpilih sebagai Ketua Komisi II DPR. Itikad dan tekad yang kuat di dalam dirinya serta harapannya terhadap Indonesia yang akan datang ditunjang oleh kemam
Mangindaan biasa dipanggil, sangat menggemari sepak bola, bahkan saking hobinya dengan sepak bola mantan Pangdam VII/Trikora ini sukses menghantarkan Persija Banda Aceh menjuarai kompetisi Divisi Utama Perserikatan di tahun 1977. saking terkenalnya mangindaan di wilayah Sulut, penggemar Sepak bola Sulut menggelar Piala EE Mangindaan, hal tersebut menunjukkan betapa masyarakat Sulut menghargai dan menghormati Mangindaan sebagai salah seorang tokoh nasional di dunia sepak bola Indonesia. (parle)