Profil

Emil Abeng


Saya hanya ingin mengabdikan diri pada Bangsa

Sederhana dan ramah pada siapapun, itulah yang pertama terlihat saat berbincang dengan anak pertama Tanri Abeng, pengusaha sukses dan menteri di era pemerintahan Orde Baru. Sama sekali tak terlihat bahwa nama besar ayahnya yang membuatnya duduk di kursi komisi VI DPR RI periode 2009-2014, justru dari kerja keras nya meyakinkan daerah pemilihannya di Sulawesi Selatan melalui partai Golkar yang membuat Emil memasuki Senayan.

“Saya hanya ingin mengabdikan diri pada bangsa” itu ujarnya saat penulis menanyakan apa keinginan bapak setelah menjadi anggota dewan yang terhormat di Indonesia.Suatu jawaban klise,idealis bahkan terkesan kurang dipercaya apabila kata kata ini keluar dari seorang anggota dewan ,mengingat rakyat masih banyak kurang mempercayai wakilnya di senayan. Namun pria kelahiran Ujung Pandang 29 Agustus 1969 ini menjanjikan bahwa sudah saatnya dia berbakti pada rakyat Indonesia melalui bidang BUMN yang dia kuasai , dan rakyat dapat melihat kinerjanya 5 tahun ke depan.

Lulusan St Stephens Prep .High School ,bradenton F1 Honors kemudian melanjutkan ke  State University of New York at Buffalo B.A., Business Administration International Trade and Commerce ,Marketing ini bukanlah tergolong anak manja dengan fasilitas terpenuhi sebagai anak seorang pengusaha dan pejabat Negara, justru sang ayah, Tanri Abeng mendidik putra pertamanya ini untuk menghargai kerja keras dan disiplin dalam hal pendidikan. Bahkan Emil remaja harus puas dengan hanya berkendaraan sepda saat menempuh SMA nya,berbeda dengan teman teman seangkatannya yang sudah berkendaraan mobil dan motor.

Emil Abeng belia tertarik dengan bisnis administrasi dan pemasaran, berkat kedisplinan dan kerja kerasnya , Emil mampu mengukir prestasi di bidang ekonomi , antara lain menjadi Senior Accounts Manager PT Tricomm Strategic Communications, VP operation PT Tri Adh iNusantara Franchise restaurant from United States “Fuddruckers Greatest American Hamburger” , President Director PT Tason Putra Mandiri Holding Company , Commissioner PT Bintang Sidoraya , PT Mulia Multi Mandiri (distribution) .Sole Distribution f Bir Bntang,Aqua , Commissioner PT TPRB , President Director PT Walinusa Energi Trading Infrastructure and Logistics,Power and Service , Commissioner PT Travesco International Investment dan Director PT PP Bajabang Indonesia Plantation , Trading cocoa.Itu hanyalah sepenggal prestasinya di bidang ekonomi dan bisnis , masih banyak prestasi yang dilakukan anggota dewan dari fraksi Golkar dengan nomor anggota A 262 yang tak hanya memajukan daerahnya pemilihannya di Sulawesi Selatan ,namun juga masyarakat luas dengan terbukanya banyak lapangan kerja dan usaha baru.

Tak hanya bertangan dingin dalam mengurus perusahan , pemilik hobi bermain music  ini juga aktif dalam berbagai organisasi antara lain Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di New York , Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan , SUNY Buffalo Alumni Association , Bakrie marketing club , Yayasan Paramadina Mulia dan vice president (Rep Ujung Pandang) Junior Chambers Indonesia.

Menjadi politisi muda samasekali tak ada dalam bayangan Emil Abeng , bahkan  praktisi di bidang ekonomi  serta mantan gitaris band State Of Groove atau S.O.G ini baru memulai kariernya di bidang politik dan dekat dengan masyarakat di daerah pemilihannya yaitu di Sulawesi Selatan I meliputi Makasar,Gowa,Jeneponto,Bantaeng dan Selayar baru setahun sebelum pemilihan umum legislative, namun dengan  tekad memajukan masyarakat daerahnya dan rakyat Indonesia pada umunya, kampanye berkeliling daerah pemilihan setiap hari selama 18 jam pun ikhlas dilakukannya demi mengenal dekat dengan rakyat dan mendengarkan aspirasi mereka.

Menduduki komisi VI di bidang  BUMN, Koperasi,UKM, dan Perdagangan , Emil Abeng memiliki harapan agar pembangunan ekonomi masyarakat di Indonesia harus memiliki program jangka panjang di semua sektor. Keunggulan komparatif  tiap daerah harus ditingkatkan dengan mengadopsi manajemen cooperate di setiap pemerintahan daerah.

Sekarang , Emil Abeng telah mampu menduduki kursi DPR RI, saatnya bagi generasi muda dari partai berlambang beringin ini untuk menjadi wakil rakyat yang mampu mengukir prestasi menjadi legislator handal demi  pembangunan bangsa.(02/09/)mei/parle.