Parlemen Indonesia Promotori Resolusi Bandung

03-12-2009 / B.K.S.A.P.

 

 

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso (F-PG) mengatakan, Parlemen Indonesia akan mempromotori sebuah resolusi Bandung, dimana resolusi tersebut pada intinya agar bangsa Asia tidak dipandang sebelah mata oleh poros lain seperti Amerika, daratan Eropa, Australia dan seterusnya.

            “Resolusi nantinya harus lebih mengedepankan kepentingan region, kepentingan interkoneksi antara parlemen-perlemen asia dan dihadapkan dengan kepentingan geopolitik diseluruh dunia,”jelasnya.

            Ia juga menginginkan, Asia dapat menjadi macan baru dalam poros ekonomi dan politik.

Dia mengatakan untuk kesekian kalinya Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sidang Asian Parliamentary Assembly (APA) yang akan berlangsung di Kota Bandung pada 7-10 Desember mendatang.

“Ini adalah kepercayaan kesekian kalinya, Parlemen-Parlemen se Asia kepada Parlemen Indonesia untuk kembali mengadakan Sidang APA,”kata Priyo saat konfrensi pers di Gedung DPR Jakarta, Kamis (3/12).

Mengenai tempat peyelenggaraannya mengapa di Bandung, Priyo menjelaskan bahwa Kota Bandung mengingatkan kita semua akan semangat Konfrensi Asia Afrika di motori oleh Presiden Soekarno dan beberapa tokoh dunia dimasa itu.

            Sekedar informasi, sidang APA rencananya akan diikuti oleh 26 negara anggota, termasuk Indonesia dan 4 negara peninjau telah menyatakan kehadirannya dalam sidang ini.

            Selain itu, 3 (tiga) organisasi peninjau yaitu, Arab Inter-Parliamentary Union (AIPU), Parliamentary Union of OIC Member States (PUIC) dan Inter-Parliamentary Assembly of the Eurasian Economic Community, dan 3 guest of the house yang terdiri dari perwakilan Friedrich-Nauman-Stiftung Fur Die Freheit, direktur Hanns Seidel Fundation Manila dan perwakilan Parlemen Latin Amerika telah memberikan konfirmasi kehadiran, dan jumlah seluruh peserta sidang adalah 174 orang. (nt)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Indonesia Komitmen Tingkatkan Kerja Sama dengan Brazil
05-10-2021 / B.K.S.A.P.
Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Parlemen Indonesia - Brazil Luluk Nur Hamidah mengatakan Indonesia dan Brazil akan terus meningkatkan...
Rachmat Gobel Tegaskan Komitmen Penuh DPR terhadap SDGs Parlemen Global
02-10-2021 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menegaskan komitmen penuh DPR RI terhadapSustainable Development Goals(SDGs) melalui fungsi-fungsinya. Gobel juga mengajak semua...
DPR Sukses Galang Dukungan Parlemen Dunia Percepat Capaian SDGs
02-10-2021 / B.K.S.A.P.
DPR RI sukses menggalang dukungan global untuk mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan pemulihan pasca-pandemi Covid-19.Melalui forumFirst Global Parliamentary...
DPR Tekankan Pentingnya Rencana Global Akhiri Pandemi di Pertemuan Parlemen Dunia
28-09-2021 / B.K.S.A.P.
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharanisaat membukaThe First Global Parliamentary Meeting On Achieving The Sustainable Development Goals(SDGs) yang bertajuk...