DPR AJAK WWF DAN GREEN PEACE MELINDUNGI HUTAN

03-12-2009 / KOMISI IV

DPR RI meminta World Wide Fund for Nature (WWF) dan Green Peace bersama-sama dengan Pemerintah melakukan pengawasan dan perlidungan Hutan di Indonesia dan tidak terlibat  intervensi maupun campur tangan  pihak asing yang berkedok melindungi hutan tetapi tujuannnya untuk mengekplorasi sumber daya genetik dan biokimia yang ada di Indonesia,demikian ungkap Adi Sukemi di depan  Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI dengan LSM World Wide Fund for (WWF) Nature , Green Peace  dan Conservation Internasional di Gedung DPR, Rabu, 2 Desember 2009.

 

            

Adi menambahkan bahwa banyak aktivitis kehutanan yang di dalangi oleh perusahaan-perusahaan yang produksi berasal dari Hutan seperti Asia Pulp Paper (APP) dan Asia Pacific Resource Internasional Holding Limited (APRIL) yang memegang 80% produksi bubur kertas terbesar di dunia.

 

Dilain pihak Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Demokrat Djoko Udjianto meminta WWF dan Green Peace untuk mencari solusi penyelesaian illegal loging mengingat kerusakan dan pengudulan hutan Indonesia semakin meningkat.

 

“Tak heran saat ini Indonesia menduduki peringkat ke tiga dunia dan memiliki laju deforestrasi tercepat dunia, tegas Djoko.   

       

Melihat kondisi kehutan yang kerusakan sedemikian besar dan hasil laporan WWF , Djoko meminta Komi  IV DPR lebih tegas terhadap kebijakan Menteri Kehutanan  dan meminta pemerintah untuk menijau kembali izin pembukaan lahan gambut. Karena sesuai Peraturan Pemeraturan, pemanfaatan hutan gambut hanya 3 km tetapi nyatanya banyak yang melakukan hingga 10 km kedalam.

 

Lebih lanjut Djoko mengemukakan bahwa deforestrasi Indonesia telah meningkatkan emisi gas dunia. Dan hal ini tentunya bertentangan dengan komitmen Presiden SBY disampaikan pad  pertemuan Negara G20 di Amerika pada bulan Oktober tahun lalu, dimana SBY berkomitmen Indonesia dapat mengurangi emisi gas rumah kaca 26% pada tahun 2020.

 

Nurhayati, Direktur utama Greenpeace menanggapi kecemasan DPR tentang pernyataan Presiden dlam G20. “Kami optimis hal itu bisa terjadi, jika penanganan hutan dilakukan dari sekarang” katanya. (Lss)

 

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Hari Pangan Sedunia Momentum Evaluasi Kedaulatan Pangan Dalam Negeri
18-10-2021 / KOMISI IV
Hari pangan sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober merupakan momentum tepat untuk mengevaluasi sejauh mana capaian pengelolaan pangan di...
Komisi IV Apresiasi Produktivitas Balitsereal Maros Sulawesi Selatan
15-10-2021 / KOMISI IV
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mengapresiasi Balai Penelitian Tanaman Serelia (Balitsereal) milik Badan Penelitian dan Pengembangan...
Komisi IV Dukung Pengembangan Taman Nasional Bantimurung
15-10-2021 / KOMISI IV
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini menilai dibutuhkan keterlibatan masyarakat dan dukungan Pemerintah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan...
Komisi IV Apresiasi Teknologi ‘Rice To Rice’ Bulog Panaikang Makassar
15-10-2021 / KOMISI IV
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mengapresiasi teknologi mesin rice to rice yang ada di Gudang Bulog...