Salam Perpisahan Setya Novanto Sebagai Ketua DPR

18-12-2015 / PARIPURNA

Anggota DPR Setya Novanto dalam Rapat Paripurna ke-15 DPR Masa Persidangan II Tahun Sidang 2015-2016 membacakan pidato pengunduran dirinya sebagai Ketua DPR dihadapan peserta Rapat Paripurna DPR, Jumat (18/12/2015).

Novanto membacakan pidato pengunduran dirinya di podium dekat meja pimpinan. “Pimpinan dan anggota yang saya hormati, melalui kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan bahwa saya telah mengajukan surat pernyataan pengunduran diri kepada Pimpinan DPR dengan tembusan kepada Pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan. Surat itu telah dibacakan MKD dalam sidang MKD 16 Desember 2015,” ungkap Novanto.

Politisi Partai Golkar ini juga menyampaikan bahwa pengunduran dirinya sebagai Ketua DPR merupakan pilihannya sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Selama saya mengemban tugas sebagai Ketua DPR RI, tentu banyak dinamika yang kita rasakan bersama. Dinamika yang perlu disikapi dengan arif dan bijaksana, sikap yang harus menjadi landasan bentuk kecintaan pada tanah air, kepentingan bangsa, serta memegang harkat martabat kelembagaan DPR,” tuturnya.

“Mudah-mudahan ini hanya terjadi pada saya. Sekali lagi, apa yang saya lakukan akan saya pertanggungjawabkan kepada seluruh rakyat Indonesia, seluruh anggota Dewan, dan Allah Tuhan Yang Maha Esa, semoga bangsa ini dapat menyongsong masa depan yang lebih baik.” kata Novanto.

Dalam kesempatan itu, Novanto juga menyampaikan apa yang telah dilakukan selama menjadi Ketua DPR. “Kami telah mencanangkan pondasi parlemen modern agar parlemen lebih dekat dengan rakyatnya sebagai penguatan representasi DPR yang dipilih rakyat. Juga untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan fungsi Dewan,” jelasnya. 

“Terima kasih atas kerja sama dan dukungan selama ini. Saya berharap Ketua DPR yang akan datang dapat menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan lembaga negara lainnya. Saya berusaha dengan baik, walaupun belum sempurna untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Terima kasih kepada rekan-rekan anggota Dewan, Pimpinan DPR yang telah bersama satu tahun ini. Saya akan tetap di sini untuk menjalankan tugas kedewanan saya, untuk terus berjuang,’ tutup Novanto dengan disambut tepuk tangan dari Anggota DPR. (skr), foto : iwan armanias/parle/hr.

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
APBN Tahun 2023 Harus Dapat Antisipasi Gejolak dan Ketidakpastian Global
10-01-2023 / PARIPURNA
Pelaksanaan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) Tahun Anggaran 2023, selain menjadi stimulus perekonomian nasional, juga harus dapat antisipatif terhadap gejolak...
Luluk Nur Hamidah Galang Dukungan Pembahasan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga
10-01-2023 / PARIPURNA
Anggota Badan Legislatif DPR RI Luluk Nur Hamidah berharap Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) untuk segera ditetapkan...
Walau di Tahun Politik, DPR Tetap Jalankan Tugas dan Fungsi Konstitusional dengan Baik
10-01-2023 / PARIPURNA
Pimpinan DPR RI berharap walaupun berada dalam tahun politik, parlemen tersebut tetap mengelola tugas dan fungsi konstitusionalnya sehingga berjalan dengan...
Pimpinan DPR Soroti Usulan Perubahan Sistem Pemilu
10-01-2023 / PARIPURNA
Pimpinan DPR RI menyoroti usulan perubahan sistem pemilu yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, yaitu dari Sistem Proporsional Terbuka...