DPR Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur Perbatasan

18-08-2016 / KOMISI V

Semangat pemerintah untuk terus mendorong pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah perbatasan mendapat tanggapan positif dari dewan. Anggota Komisi V DPR RI Fauzih Amro (F-Hanura) mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah yang menetapkan tahun 2016 sebagai tahun percepatan pembangunan.

 

“Kita optimis dengan program Presiden yang akan mendorong pembangunan infrastruktur secara merata, tidak hanya terpusat di Pulau Jawa  melainkan merata ke seluruh tanah air atau Indonesia Sentris,” kata Fauzih, setelah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2016-2017, dalam rangka Penyampaian Pidato Presiden RI mengenai RUU tentang APBN Tahun 2017 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/08/2016).

 

Menurut politisi dari dapil Sumatera Selatan itu,  adanya konektivitas antar laut maupun darat akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, kebijakan ini secara tidak langsung akan mengurangi tingkat kesenjangan, ketimpangan dan kemiskinan di beberapa daerah.

 

“Prinsipnya, jika konektivitas darat maupun laut terealisasi maka tingkat produktivitas akan meningkat dan harga bahan pokok juga bisa terkendali, terutama didaerah-daerah terpencil,” tegasnya.

 

Selain itu, program pemerintah untuk membangun daerah perbatasan seperti Entikong mendapat sorotan dari politisi Hanura itu. Ia mengingatkan agar semua kementerian terkait bekerja dengan maksimal dan penuh tanggung jawab sehingga bisa rampung pada 2017 sebagaimana yang ditargetkan oleh Pemerintah sebelumnya.

 

“Tidak hanya Kementerian PUPR dan PDT, tetapi semua lembaga wajib untuk bertanggung jawab karena parameter bangsa Indonesia tercermin dari pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasannya. Kalau infrastruktur perbatasannya hancur, otomatis orang menilai di dalamnya lebih hancur. Begitu juga sebaliknya, kalau pembangunan infrastruktur merata, maka bangsa kita yang besar ini akan diakui oleh negara lain,” imbuh Fauzi. (ann,mp), foto : kresno/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Legislator Dorong Pemerintah Optimalkan Bandara-Bandara Perintis
31-01-2023 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan bandara-bandara perintis guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di...
Ditjen Perhubungan Udara Didorong Tuntaskan Persoalan Santunan Korban Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182
31-01-2023 / KOMISI V
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mendorong Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan untuk segera menuntaskan persoalan santunan korban kecelakaan Sriwijaya...
Komisi V Terima Aspirasi DPRD Kabupaten Barru Sulsel terkait Pembangunan Infrastruktur
26-01-2023 / KOMISI V
Komisi V DPR RI menerima audiensi dari jajaran DPRD Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Audiensi tersebut terkait dengan beberapa pembangunan infrastruktur,...
Ditjen SDA PUPR Diingatkan Segera Evaluasi Pemeliharaan Sistem Pengelolaan Air dan Sarana Pengendali Banjir
26-01-2023 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Sudewo mengingatkann Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR untuk segera mengadakan evaluasi...