KOMISI IX DESAK PEMERINTAH BANGUN RUMAH SAKIT TANPA KELAS

29-06-2010 / KOMISI IX

            Pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin tetap menjadi perhatian Tim Kunjungan Kerja Komisi IX ke Provinsi Jawa Timur pada Reses Masa Persidangan III Tahun Sidang 2009-2010. Ketua Komisi IX Ribka Tjiptaning(F-PDI Perjuangan) yang memimpin Kunker ke provinsi tersebut mendesak pemerintah untuk segera membangun Rumah Sakit Tanpa Kelas di sejumlah daerah.

            Hal itu ditegaskan Ribka sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama rakyat miskin. Selama kunjungan ke sejumlah Rumah Sakit pemerintah di Jawa Timur, Tim Kunker sangat kecewa atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang berobat di kelas III.

            Tim juga berharap supaya pemerintah daerah tidak lagi memungut apapun dari aktifitas yang ada di rumah sakit terutama yang dikenakan kepada pasien. Ribka Tjiptaning berharap pemerintah daerah tidak lagi menetapkan pemasukan dari rumah sakit sebagai pendapatan asli daerah.

            Ia menilai, dengan adanya Rumah Sakit Tanpa Kelas maka tidak akan ada lagi perbedaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dengan lainnya. Menurut Ribka, negara bertanggungjawab menyediakan fasilitas kesehatan bagi seluruh rakyatnya.

            “Tidak akan ada lagi masyarakat yang ditolak di rumah sakit,” tegas Ribka.

            Lebih jauh, Ketua Komisi IX yang juga Ketua Tim Kunker ke Jatim Ribka Tjiptaning menjelaskan direncanakan akan segera dibangun tiga ratus Rumah Sakit Tanpa Kelas yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. “Kita sekarang lagi memperjuangkan pembangunan Rumah Sakit Tanpa Kelas,” jelasnya.

            Menurutnya dengan dibangunnya sarana kesehatan itu maka akan terjadi pemerataan pelayanan kesehatan di Indonesia. Ribka menjelaskan jumlah tersebut sudah diperhitungkan bersama pemerintah. Dengan jumlah penduduk lebih dari dua ratus juta, maka kebutuhan Rumah Sakit Tanpa Kelas tentunya diharapkan dapat memberi pelayanan kesehatan terutama bagi rakyat miskin.

            “Tiga ratus rumah sakit dengan masing-masing seratus tempat tidur,” katanya.

            Menurut Ribka Tjiptaning, di Anyer Jawa Barat pada Agustus nanti telah siap dipakai Rumah Sakit Tanpa Kelas. Jawa Tengah dan daerah lainnya segera menyusul pembangunan rumah sakit serupa.

Dalam Kunkernya ke Jawa Timur, Ketua Tim menegaskan bahwa semestinya Rumah Sakit Umum Daerah semestinya juga tanpa kelas.

            “Seharusnya RSUD itu tanpa kelas. Karena semua dibiayai uang rakyat baik melalui APBN maupun APBD. Jadi tidak boleh ada kelas di situ,” tegas Ribka. (bs)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pesangon Tidak Sesuai, Komisi IX Terima Aduan Eks PT Vico Indonesia
08-12-2022 / KOMISI IX
Komisi IX DPR RI menerima aduan pengurus perkumpulan mantan karyawan PT Vico Indonesia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis...
Nurhadi Minta Negara Hadir Tangani Penyakit Langka
07-12-2022 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi menyampaikan bahwa negara wajib hadir tidak hanya dalam penanganan penyakit yang sudah populer dan...
BPJS, BP2MI dan DJSN Didorong Buat Aturan Simpul Pelayanan Terhadap Pekerja Migran Indonesia
07-12-2022 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska mendorong BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan BP2MI duduk bersama dipimpin DJSN untuk membuat...
Apresiasi Inovasi Tim Moringa NTT Atasi Stunting, Kurniasih: Bukti Anak Bangsa Bisa Hasilkan Produk Kesehatan Sendiri
06-12-2022 / KOMISI IX
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengapresiasi inovasi dari Tim Moringa Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam pemanfaatan produk...