Dorong Koperasi sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

12-11-2019 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel. Foto : Andri/mr

 

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel mengatakan, akan berupaya membangkitkan koperasi yang nilainya semakin memudar. Menurutnya di dalam koperasi terdapat nilai-nilai mulia seperti musyawarah mufakat serta semangat untuk bergotong royong.

 

Demikian diungkapkan Gobel saat usai menerima aspirasi masyarakat Gorontalo di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11/2019). “Tentu lewat koperasi, saya ingin dorong perekonomian. Karena operasi itu merupakan penjabaran daripada ekonomi pancasila juga,” lanjut Gobel.

 

Menurut politisi Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), koperasi merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan yang paling tepat untuk masyarakat. Sehingga program ini tidak boleh putus di tengah jalan atau pun gagal. Melalui koperasi, Gobel ingin mendorong terbentuknya industri pangan baik itu tanaman padi maupun dari sayuran yang ada di daerah khususnya di Gorontalo.

 

Masyarakat Gorontalo, lanjut Gobel, 70 persen nya merupakan petani yang seringkali berhadapan dengan masalah klasik di bidang pertanian seperti kelangkaan pupuk dan bibit saat musim tanam. Masalah seperti ini harus segera diatasi agar produk pertanian bisa menjadi salah satu komoditi yang bisa dibanggakan.

 

“Kalau untuk menjadi komoditas nasional, saya rasa belum bisa memenuhi. Tapi paling tidak bisa menjadi salah satu lumbung pangan,” harap Gobel sambil menerangkan bahwasanya lahan pertanian di Gorontalo sangat luas dan kalau dikelola dengan baik, akan memberikan hasil dan manfaat yang besar bagi masyarakat.

 

Dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan melalui koperasi, Gobel berkeyakinan akan mampu mengentaskan kemiskinan di Gorontalo dari posisi lima besar di Indonesia, menjadi lima besar termakmur di Indonesia. Bukan tidak mungkin ke depannya Gorontalo akan menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

 

“Saya minta, kita harus memulai, seperti apa yang sudah kita canangkan. Kita harus bekerja, serta merumuskan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan kedepan. Membangun kawasan gorontalo sebagai kawasan ekonomi pariwisata harus kita wujudkan bersama,” imbaunya. (es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Gus AMI: Pajak Pendidikan Bertentangan dengan Tugas Negara
15-06-2021 / PIMPINAN
Wacana pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk jasa pendidikan dan komoditas sembako melalui Revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara...
Puan: Pembelajaran Tatap Muka Harus Ada Persetujuan Orang Tua
14-06-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H. C) Puan Maharani menyatakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi yang rencananya dimulai Juli...
DPR Tegaskan Pentingnya Kemajuan Teknologi Wujudkan Indonesia Tangguh
14-06-2021 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menegaskan dalam membangun ketangguhan nasional harus menyesuaikan dengan kemajuan teknologi global yang berkembang di...
Atasi Ketimpangan, Gus AMI Dukung KEK Perdesaan di Teluk Tomini dan Malut
14-06-2021 / PIMPINAN
Mengatasi ketimpangan tidak bisa dilakukan secara parsial dan tambal sulam. Perlu komitmen kuat dalam suatu formula, inovasi, serta terobosan baru...