Sinergi BUMN Tentukan Wajah IKN Baru

09-12-2019 / KOMISI VI

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza. Foto : Erlangga/mr

 

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza menegaskan bahwa kolaborasi Badan Udaha Milik Negara (BUMN) yang ditugaskan mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) akan menentukan bentuk struktur ibu kota tersebut. Untuk itu, ia meminta kepada BUMN terkait untuk jujur dalam melaporkan kondisi terkini dalam tahapan pembangunan termasuk kendala-kendala yang mereka hadapi.

 

Hal tersebut ia utarakan usai memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi VI DPR RI menemui BUMN di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (5/12/2019). Komisi VI DPR RI mengaku mendukung secara penuh pembangunan yang saat ini sedang digulirkan oleh beberapa BUMN, termasuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang mengacu kepada masyarakat seperti pembebasan lahan.

 

“Tadi disampaikan bahwa mereka membutuhkan pembebasan lahan sekitar 38 hektar dan reklamasi sekitar 32 hektar, ini untuk AP I. Nah, itu semua membutuhkan kerja sama dari semua stakeholder termasuk kita yang ada di DPR. Kalau memang itu yang dibutuhkan maka kita akan dorong. Karena kita mitra kementerian BUMN itu fokus termasuk membantu AP I supaya bisa menyelesaikan tugasnya dalam mendukung ibu kota yang baru,” serunya.

 

Politisi PKB ini menyebut pertemuan dengan BUMN pendukung pembangunan di Kaltim ini untuk mengumpulkan bahan untuk rapat dengan Menteri BUMN. Ia menuturkan pertemuan ini guna mencari kebutuhan-kebutuhan BUMN pendukung tersebut serta memutuskan bentuk dukungan yang akan diberikan DPR untuk BUMN.

 

“Otomatis pasti akan ada tambahan anggaran. Apalagi ini kan dikebut oleh pemerintah pusat, sehingga mau tidak mau alokasinya akan cepat dan besar. Nah masalahnya bukan itu, masalahnya adalah apakah bumn kita yang ada di sini siap melakukan dukungan itu, makanya kita hari ini dan besok akan melakukan evaluasi setelah mendapatkan laporan dalam pertemuan tadi,” tukas Politisi Dapil Jatim II tersebut.

 

Dalam kunjungan tersebut, Faisol didampingi beberapa anggota Komisi VI lainnya seperti Mohamad Hekal (F-Gerindra), Adisatrya Suryo Sulistio (F-PDIP), Evita Nursanty (F-PDIP), Sondang Tiar Debora Tampubolon (F-PDIP), Deddy Yevri Hanteru Sitorus (F-PDIP), La Tinro La Tunrung (F-Gerindra), Nasim Khan (F-PKB), Mohammad Toha (F-PKB), Melani Leimena Suharli (F-Demokrat), Amin AK (F-PKS), Mahfudz Abdurrahman (F-PKS), Nasril Bahar (F-PAN), Daeng Muhammad (F-PAN), dan Elly Rachmat Yasin (F-PPP). (er/mh)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Gunakan APBN, Nevi Zuairina Nilai Proyek Kereta Api Cepat Bermasalah
12-10-2021 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina menilai ada persoalan besar dari proyek kereta cepat Jakarta Bandung. Bila dirunut kembali...
Nevi Zuairina Soroti Pengangkatan Komisaris dan Direksi PT Aviasi Pariwisata Indonesia
10-10-2021 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina meminta Pengangkatan jajaran Komisaris dan Direksi pada PT Aviasi Pariwisata Indonesia agar memperhatikan...
Perubahan Waktu Karantina Diharap Pulihkan Pariwisata Bali
08-10-2021 / KOMISI VI
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih berharap langkah yang dilakukan pemerintah terkait perubahan waktu karantina bagi kedatangan...
Baidowi: Tidak Ingin Mendengar Keluhan Petani Terkait Kelangkaan Pupuk
03-10-2021 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi mengatakan ia tidak ingin mendengar adanya keluhan dari petani terkait kelangkaan pupuk. Menurutnya,...