Pengelolaan Koperasi DPR Diapresiasi DPRD Nganjuk

09-01-2020 / LAIN-LAIN

Delegasi DPRD Nganjuk diterima Ketua Koperasi DPR Mohammad Djazuli, Ketua Pengawas Koperasi Suratna, dan Wakil Ketua Pengawas Koperasi Rahmad Budiaji.di Senayan, Jakarta, Kamis (9/1/2020), Foto : Runi/Man

 

DPRD Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, mengapresiasi pengelolaan koperasi di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Idealnya, pendirian koperasi harus mampu mensejahterakan para anggotanya. Di sinilah butuh pengelolaan dan pengawasan yang profesional.

 

Demikian mengemuka ketika DPRD Nganjuk bertandang ke DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/1/2020), untuk bertemu dengan jajaran pengurus dan pengawas Koperasi Setjen DPR RI. Delegasi DPRD Nganjuk yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Nganjuk Ulum Busthomi ini diterima oleh Ketua Koperasi DPR Mohammad Djazuli, Ketua Pengawas Koperasi Suratna, dan Wakil Ketua Pengawas Koperasi Rahmad Budiaji.

 

Dalam pertemuan itu, Anggota DPRD Nganjuk mendengarkan secara langsung bagaimana pengelolaan dan pengawasan koperasi di DPR dilakukan. Djazuli dan Suratna secara bergantian memberi penjelasan konprehensif profil Koperasi Setjen DPR RI. Wakil Ketua DPRD Nganjuk Ulum mengapresiasi capain koperasi ini. Kondisinya jauh berbeda dengan di daerah yang justru banyak koperasi gulung tikar karena salah kelola.

 

Usai pertemuan, Ketua Pengawas Koperasi Suratna mengatakan, problem koperasi di daerah adalah pembinaan dan pengawasan. “Koperasi-koperasi di daerah banyak keanggotaannya berdasarkan kapital. Kami sampaikan, koperasi di DPR RI beberapa kali mendapat juara. Tahun 2017 dan 2019 mendapat penghargaan sebagai koperasi terbaik nasional. Ini menjadi contoh bagi pengelolaan dan pembinaan terhadap anggota,” urai Suratna.

 

Sementara Wakil Ketua DPRD Nganjuk Ulum juga memberi komentarnya. Menurutnya, koperasi sebagai soko guru ekonomi nasional, harusnya mampu mensejahterakan anggotanya, seperti koperasi di DPR RI ini. Ironisnya, kebanyakan koperasi di daerah justru hanya dimiliki beberapa pemodal.

 

“Koperasi yang tidak mengangkat ekonomi masyarakat akan kami monitor dan evaluasi. Di sinilah kami berkonsultasi ke DPR RI bagaimana pengawasan dan pembinaan koperasi yang baik. Koperasi di daerah yang baik akan kita dukung. Sebaliknya, koperasi yang tidak baik kita ingatkan. Kalau tidak bisa, ya kita tutup. Pengelolaan koperasi yang baik ini jadi masukan bagi kami,” tutur Ulum.

 

Senada dengan Ulum, Ketua Komisi II DPRD Nganjuk Bashori yang membidangi koperasi mengapresiasi pengelolaan koperasi di DPR. Ia ingin koperasi di daerah seperti koperasi DPR dari sisi pengelolaannya. “Pengawasan dan pembinaan di sini sangat baik. Kami dari Komisi II DPRD Provinsi Nganjuk ingin tahu lebih dekat soal ini,” katanya.

 

Suratna sendiri dalam wawancaranya usai pertemuan menyampaikan, dasar masuk koperasi itu bukan untung dan rugi. Tapi, harus gotong royong bisa membantu yang lain melalui pendirian koperasi. Kami juga terus lakukan pembinaan terhadap anggota. Dari sisi pengawasan, kami terus memberi masukan dan melakukan kontrol pengelolaan dan pengurus dalam me-manage kegiatan koperasi ini,” tutupnya. (mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Jelang Lebaran, Rafli Salurkan 5000 Paket Sembako di Aceh
12-05-2021 / LAIN-LAIN
Menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Anggota DPR RI Rafli bersama PT PLN Aceh menyalurkan 5000 paket sembako...
Fraksi PAN Kutuk Aksi Brutal Polisi Israel di Masjid Al Aqsha
09-05-2021 / LAIN-LAIN
Fraksi PAN DPR RI mengutuk keras aksi brutal polisi Israel terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al Aqsha. Tindakan kekerasan...
Ada Kerja Besar terkait Penetapan KKB sebagai Organisasi Teroris
06-05-2021 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menyoroti aspek penegakkan hukum terkait dengan penetapan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang tidak...
Anggota DPR Salurkan Paket Sembako Bagi Korban Tanah Longsor di Purwakarta
05-05-2021 / LAIN-LAIN
Bencana tanah longsor yang melanda Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta pada Februari lalu, membawa banyak kerugian bagi masyarakat setempat....