Program Indonesia Merdeka Sinyal Harus Segera Direalisasikan

06-02-2020 / BADAN ANGGARAN

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Farah Puteri Nahlia. Foto : Arief/mr

 

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Farah Puteri Nahlia menyampaikan, beberapa waktu lalu, saat Rapat Kerja di Komisi I DPR RI, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sudah menyatakan kesiapan dukungan anggaran untuk memuluskan program Indonesia Merdeka Sinyal tak terkecuali di Sumenep. Dengan begitu, diharapkan ke depannya akan dapat membantu perkembangan ekonomi khususnya UMKM.

 

Hal tersebut diungkapkan Farah saat audiensi DPRD Sumenep dengan Banggar DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Farah berharap Program Indonesia Merdeka Sinyal ini segera direalisasikan, untuk membantu aktivitas masyarakat.

 

“Pastinya ini juga akan membantu kesejahteraan masyarakat di daerah, karena kemarin kami di Komisi I bersama dengan Menkominfo juga setuju dengan adanya jaringan di semua daerah di Indonesia. Kami sepakat untuk menciptakan sumber daya manusia digital Indonesia. Dan diharapkan pada program pemerintah 2019-2024 ini bisa terealisasikan,” terang Farah.

 

Dewasa ini, memang perkembangan teknologi jaringan internet berkembang sangat pesat terutama di daerah perkotaan di Indonesia. Namun di beberapa daerah, contohnya di daerah Kepulauan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, masyarakatnya masih ada yang belum bisa merasakan pesatnya kemajuan teknologi jaringan internet, karena memang fasilitasnya di sana masih sangat terbatas.

 

“Dan di Sumenep, sudah kami bahas bahwa terdapat banyak pulau-pulau di sana dan hanya sekitar 30 persen yang dihuni. Berdasarkan fakta di lapangan, banyak masyarakat di sana masih susah akses sinyal,” kata politisi Fraksi PAN ini.

 

Ia menambahkan, Pemerintah seringkali menggaungkan, generasi saat ini tengah berada pada era revolusi industri 4.0. Di mana kemudahan akses teknologi harus benar-benar dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat. “Tapi boro-boro di Sumenep, dapat sinyal 4G saja sudah Alhamdulillah. Bahkan jaringan 3G dan 2G, katanya masih ada daerah yang belum bisa,” ucapnya.

 

Farah meyakini, sesuai kesiapan Menkominfo dengan program Indonesia Merdeka Sinyal, dalam waktu dekat ini masyarakat Sumenep akan segera merasakan jaringan internet. Karena kinerja yang dilakukan Kominfo dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) sudah sangat bagus. Dan itu terus dipantau oleh DPR RI.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir mengakui memang jaringan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sumenep. DPRD sendiri sudah berulang kali menyampaikan keluhan kepada Pemerintah, namun hingga saat ini masih belum tampak realisasinya.

 

“Kami berterimakasih telah diterima oleh Ketua Banggar DPR RI beserta Anggota Banggar. Jaringan Internet memang sangat dibutuhkan masyarakat, terlebih saat ini di Sumenep sudah ada tol laut. Tentu saja dengan adanya jaringan internet bisa memperlancar lalu lintas juga keselamatan pengakses tol laut,” pungkasnya. (es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Said Abdullah: Optimalkan PPKM Darurat Jawa-Bali
14-07-2021 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH Said Abdullah meminta pemerintah memberikan tambahan anggaran yang lebih memadai, khususnya kepada aparat...
Ratna Juwita Minta Kemenkeu Kawal Sektor-sektor Terdampak Pandemi
13-07-2021 / BADAN ANGGARAN
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Ratna Juwita Sari meminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengawal sektor-sektor terdampak pandemi, khususnya sektor transportasi,...
Legislator Usul Siapkan Skema Pajak ‘E-commerce’
13-07-2021 / BADAN ANGGARAN
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Ratna Juwita merespon usulan pengembangan pajak dalam sektor E-commerce. Menurutnya, meski di tengah tingginyashadowekonomi,...
Ibas minta Kemenkeu Temukan Terobosan terkait Kebijakan Pajak
13-07-2021 / BADAN ANGGARAN
Wakil KetuaBadan Anggaran DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono meminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk dapat menemukan terobosan yang ouside of the...