Banggar DPR Apresiasi Pembangunan Sulut

13-02-2020 / BADAN ANGGARAN

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal saat pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey beserta jajaran dan juga dihadiri oleh perwakilan mitra kerja di Manado. Foto : Runi/mr

 

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengapresiasi pembangunan yang ada di Provisi Sulawesi Utara (Sulut). Pembangunan tersebut tidak terganggu dengan pertumbuhan ekonomi di Sulut yang sempat turun menjadi 5,6 persen pada tahun 2019, di mana masih lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan nasional.

 

"Kami melihat pembangunan Sulut di bawah Kepemimpinan Gubernur Olly pesat sekali. Boleh dikatakan Sulut terdepan dalam pembangunan di wilayah timur Indonesia. Banyak proyek strategis nasional ada di wilayah ini,” ucapnya usai pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey beserta jajaran dan juga dihadiri oleh perwakilan mitra kerja di Manado, Sulut, Rabu (12/2/2020).

 

Politisi Fraksi PKB ini menambahkan, di Sulawesi Utara saat ini terjadi deflasi sebesar 0,09 persen pada awal tahun 2020. Hal ini menandakan bahwa Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bekerja secara efektif dalam mengendalikan inflasi. Meskipun begitu, ia berpesan tetap harus waspada dalam mencermati kondisi global. 

 

Cucun mendukung agar Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mencari terobosan baru dalam memperkuat perekonomiannya. “Sebagai contoh, membuka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, penerbangan langsung dari China, mengaktifkan pelabuhan Bitung sebagai pelabuhan internasional bagi kapal ke Philipina dan Hong Kong. Saya rasa itu positif bagi Sulut." ujarnya.

 

Di sampan itu, Cucun juga memberikan beberapa catatan penting terkait penerimaan pajak dan bea-cukai. Ia minta Ditjen Pajak dan Ditjen Bea dan Cukai wilayah Sulawesi Utara melakukan terobosan-terobosan yang inovatif guna mencapai target yang sudah ditentukan. 

 

“Jangan sampai terjadi anomali penerimaan yang disebabkan oleh suatu kebijakan Pemerintah Pusat dalam upaya mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global, lesunya harga komoditas di pasar Internasional yang berdampak terhadap penerimaan pajak dan kepabeanan. Yang semuanya harus terencana dan terkelola dengan baik," pesan Cucun. 

 

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memaparkan rencana pembangunan strategis nasional di Provinsi Sulut, sebagai pintu gerbang Indonesia wilayah timur. Di antaranya percepatan pembangunan proyek stratetegis nasional (PSN) seperti tol Manado-Bitung, di mana Bitung akan menjadi motor pendorong kinerja lapangan usaha konstruksi.

 

“Pembangunan pembangunan ini sejalan dengan diresmikannya KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Bitung dan KEK Likupang,  jalan bendungan serta pembangunan infrastruktur lainnya,” terang Olly. (rni/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ketua Banggar: Pemerintah Harus Selektif Jalankan Kebijakan Fiskal
10-05-2021 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH Said Abdullah meminta pemerintah agar selektif dan kalkulatif dalam menjalankan kebijakan fiskal, termasuk...
Desain Asumsi Makro dan Kebijakan Fiskal 2022 Harus Akurat
27-04-2021 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah meminta pemerintah agar perumusan desain asumsi Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan...
Postur APBN Masih Punya Beban Berat Pulihkan Perekonomian Tahun Mendatang
08-04-2021 / BADAN ANGGARAN
Pemerintah telah diberi kewenangan dalam Perppu 1 Tahun 2020, dan disempurnakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2020, untuk menetapkan batas...
Ketua Banggar DPR Imbau PLN Salurkan Subsidi Listrik Tepat Sasaran
08-04-2021 / BADAN ANGGARAN
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengemukakan, PT PLN yang memiliki program subsidi dan kompensasi untuk rakyat miskin,...