Tim Sosialisasi Renstra DPR Kunjungi Univeritas Jambi

13-06-2011 / B.U.R.T.

Tim Sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, melakukan pertemuan dan diskusi dengan civitas akademika Universitas Jambi (8/6). Tim yang dipimpin Wakil Ketua BURT, Indrawati Sukadis (F-PD) ini beranggotakan : Ferrari Romawi (F-PD), Anton Sukartono Suratto (F-PD), Rinto Subekti (F-PD), Gandung Pardiman (F-PG), Alexander Litaay (F-PDIP), Rohmani (F-PKS), H. Iskandar D. Syaichu (F-PPP), dan Djamal Azis (F-Hanura).

 Dalam sambutannya, Ketua Tim Sosialisasi Renstra DPR Indrawati Sukadis mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan informasi yang benar dan obyektif kepada seluruh pemangku kepentingan tentang berbagai kegiatan lembaga DPR, dan rencana kerja 5 tahun ke depan, agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat seperti yang terjadi saat ini. “Tiap hari DPR dihujat masyarakat di berbagai media massa,” keluhnya. Disamping itu, diskusi dengan kalangan akademisi juga diharapkan dapat memberi masukan bagi perbaikan Renstra ke depan.

 Indrawati mengungkapkan, pada saat yang bersamaan, BURT juga berkunjung  ke Aceh dan Manado. “Tuntutan publik terhadap DPR semakin tinggi. DPR yang kuat menjadi kekuatan penyeimbang bagi eksekutif,” ungkapnya. Anggota Komisi IX DPR ini berpendapat, dengan Renstra yang jelas diharapkan DPR dapat menjalankan fungsinya dalam legislasi, anggaran dan pengawasan yang optimal, juga sebagai check & Balance dalam konteks mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Pembentukan Renstra tidak terlepas dari implementasi UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional ( SPPN) dan UU No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasioanal (RPJPN) 2005-2025. “Dalam UU No. 25 Tahun 2004 disebutkan bahwa setiap kementerian atau lembaga wajib memiliki Renstra,” jelas Indrawati.

 Rektor Univ. Jambi H. Kemas Arsyad Somad, SH. MH. mengungkapkan penghargaannya atas kehadiran anggota dewan ke Kampus Unja. “Kami merasa beruntung dengan kedatangan anggota dewan ke kampus kami. Kami akan meminta klarifikasi tentang berbagai kasus yang mencuat di media massa tentang DPR akhir-akhir ini,” ungkapnya. Kemas Arsyad menjelaskan, dirinya telah menugaskan beberapa orang doktor dan kepala program studi menjadi tim pembahas Renstra DPR.

 Pada pertemuan tersebut juga hadir  sejumlah guru besar, staf pengajar, koordinator program Univ. Jambi, perwakilan dari IAIN Sulthan Thaha Saifuddin dan Univ. Batanghari (Unbari) Jambi.

 Pada kunjungan ke prov. Jambi ini, Tim Sosialisasi Renstra juga sempat mengunjungi kantor media Harian Pagi Jambi Independent dan melakukan pertemuan dengan jajaran redaksi, untuk mengkomunikasikan tujuan kedatangan Tim ke Jambi, yakni mensosialisasikan visi dan misi mewujudkan penyelenggaraan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan yang efisien dan efektif, serta terwujudnya DPR sebagai lembaga perwakilan yang kredibel dalam menjalankan fungsinya. (Bw.Tvp)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Dimyati Natakusumah Ajak Media Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Parlemen Modern
05-08-2022 / B.U.R.T.
DPR RI terus berupaya untuk mewujudkan sebagai Parlemen Modern. Banyak cara yang sudah dilakukan salah satunya adalah dengan memperkuat kolaborasi...
Dimyati Natakusumah Tegaskan Pentingnya Kolaborasi dan Tiga Unsur Pelaksanaan UU
03-08-2022 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mengingatkan Pusat Pemantauan Pelaksanaan Undang-Undang (Puspanlak) Badan Keahlian...
Monev Pelaksanaan Anggaran Penting Dilakukan Secara Berkala
29-07-2022 / B.U.R.T.
Biro Organisasi dan Perencanaan Sekretariat Jenderal DPR RI menyelenggarakan Rapat Kerja dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Pelaksanaan Anggaran...
BURT Nilai RS Advent Manado Layak Berikan Pelayanan kepada Peserta Jamkestama
05-07-2022 / B.U.R.T.
Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Hamid Noor Yasin memastikan Rumah Sakit Advent Manado (RSAMDO) layak dalam memberikan...