Disambut Positif, Listyo Sigit Sebagai Calon Kapolri

13-01-2021 / KOMISI III

Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana. Foto : Oji/Man

 

Terpilihnya Komjen Pol Listyo Sigit sebagai calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) disambut positif kalangan anggota dewan. Keterampilan dan kemampuan komunikasinya menjadi modal penting untuk melangkah menduduki jabatan yang akan ditinggalkan Jenderal Idham Azis itu pada 1 Februari 2021 mendatang.

 

Salah satu anggota dewan yang mengapresiasi pencalonan ini adalah Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana. “Profil Komjen Listyo Sigit memang relatif menonjol sejak menjabat sebagai Kapolresta Surakarta di tahun 2011. Waktu itu, lulusan Akademi Kepolisian 1991 ini pernah bekerja bareng dengan Presiden Jokowi yang waktu itu menjabat Wali Kota Surakarta,” kata Eva dalam rilisnya, Kamis (14/1/2021).

 

Menurut legislator dapil Jawa Tengah V tersebut, ini bisa menjadi kekuatan sekaligus keunggulan tersendiri bagi Listyo Sigit memimpin korps Bhayangkara ke depan. Politisi Partai Nasdem ini mencatat, Listyo pernah menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara tahun 2013. Lalu, usai Pilpres 2014, Listyo menjadi ajudan Presiden Joko Widodo.

 

Setelah itu, lanjut Eva, karier Listyo terus cemerlang dengan menjabat Kapolda Banten tahun 2016, Kadiv Propram Mabes Polri 2018, Kabareskrim 2019, dan kini calon Kapolri. “Kata kuncinya adalah kemampuan komunikasi dan keterampilan membangun sinergi. Sosok yang seperti itulah yang secara positif bisa menjadi modal dasar dan kekuatan Komjen Listyo Sigit memimpin korps Bhayangkara ke depan nanti,” nilai Eva.

 

Ke depan tantangan Polri dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan di masyarakat tidaklah mudah. Berbagai pola kriminalitas terus berubah sesuai perkembangan teknologi dan zaman. Beragam bentuk kejahatan seringkali muncul tanpa referensi penanganan sebelumnya. Mulai tindak pidana peredaran narkoba yang semakin rapi, cyber crime yang kian canggih, tindak korupsi yang terus terbungkus halus, dan bermacam tindak pidana reguler lainnya yang tak pernah selesai diberantas.

 

“Saya optimistik dan percaya sepenuhnya bahwa jika diputuskan oleh DPR, Komjen Listyo Sigit mampu memimpin Kepolisian RI lebih baik. Sebagai mitra kerja Komisi III, kami menaruh harapan besar kepada jajaran kepolisian untuk terus sinergi membangun bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Insya Allah, jabatan baru Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri betul-betul amanah dan menjadi berkah untuk kita semua,” kata Eva mengakhiri siaran persnya. (mh/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Taufik Basari Sayangkan Tindakan Oknum Polisi yang Intimidasi Warganet
19-10-2021 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menyayangkan sikap beberapa oknum polisi yang memberikan ancaman dan intimidasi kepada netizen (warganet)....
Sidang Virtual Pengadilan Tinggi Terkendala Akses Internet, Komisi III Akan Evaluasi
15-10-2021 / KOMISI III
Pengadilan Tinggi Sulawesi Utara menjalankan sidang virtual demi menjaga jarak dan menghindari penyebaran virus Covid-19. Langkah ini diambil berlandaskan surat...
Komisi III Pantau Penanganan Kasus oleh Polda dan BNNP Sulut
15-10-2021 / KOMISI III
Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI mendapati informasi sejumlah kasus yang sedang ditangani oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi...
Komisi III Apresiasi Kinerja Kejati Sulut
15-10-2021 / KOMISI III
Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI mendapati dua persoalan yang menonjol dari Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, yakni minimnya...