Presisi Menjadi Konsep Manajemen Kepolisian RI Masa Depan

02-02-2021 / KOMISI III

Anggota Komisi III DPR RI Rudy Mas’ud. Foto : Azka/Man

 

Anggota Komisi III DPR RI Rudy Mas’ud beranggapan bahwa konsep prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan (Presisi) yang dipaparkan oleh Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III merupakan konsep manajemen Kepolisian RI masa depan.

 

Rudy menilai, pendekatan yang Listyo gunakan bisa membuat pelayanan Polri lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat. Konsep ini jelas dijabarkan secara detail dalam makalahnya berjudul 'Transformasi Polri yang Presisi'.

 

"Jujur, saya cukup takjub. Karena konsep tersebut begitu fresh, bernas. Dan membuktikan bahwa Pak Listyo adalah jenderal polisi yang cerdas," ungkap Rudy dalam catatan Rudy yang diberi judul, 'Safari Kapolri Baru: Indah Dimata, Damai Dihati.' Catatan tersebut dia sampaikan kepada Parlementaria, Selasa (2/2/2021).

 

Menurut Rudy, Kapolri menekankan pada transformasi yang mengarah ke profesional. Membuktikan bahwa Polri tidak mau terjebak dalam zona nyaman, melainkan menyadari tantangan ke depan yang semakin hari, semakin kompleks dan beragam.

 

"Secara intuitif, saya punya feeling tersendiri. Karakter, sorotan mata, dan pembawaan Pak Listyo membuat saya yakin, bahwa beliau bukan sosok yang NATO (Not Action, Talk Only). Beliau pemimpin yang bertangan dingin," ungkap Rudy.

 

Dia juga berpandangan bahwa Listyo adalah sosok yang sangat tegas, egaliter, cakap membaca situasi dan tentu amanah. Hal ini bisa dilihat dari safari kebangsaan yang dilakukan jenderal polisi bintang empat itu sowan ke Mabes TNI menemui Panglima TNI Jenderal Marsekal Hadi Tjahjanto.

 

Safari ini cukup penting dalam rangka meningkatkan sinergi dan soliditas antara Polri-TNI. Pesannya jelas, bahwasanya TNI dan Polri adalah garda terdepan NKRI. Penjaga Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila.

 

Dalam catatan tersebut dia juga mengungkapkan, Listyo tergolong sebagai Kapolri muda yang melangkahi beberapa angkatan dari seniornya. Sama seperti halnya Jenderal Purn. (Pol) Tito Karnavian yang menjadi Kapolri pada tahun 2016-2019.

 

Saat akan melakukan fit and proper test Kapolri di Komisi III DPR RI (20 Januari 2021), Pak Listyo yang menjadi Kabareskrim saat itu datang diantar langsung oleh Kapolri Jenderal (Pol) Idham Aziz dan sejumlah perwira tinggi senior dan junior lainnya.

 

"Suasana sangat cair. Dan kita tahu, ini adalah tradisi baru pembelajaran bagi generasi Polri bahwa pergantian kepemimpinan Korps Bhayangkara itu adalah suatu keniscayaan. Polri tetap solid dan suksesi kepemimpinan berjalan dengan baik," jelas Rudy. (eko/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi III Serap Masukan RUU Kejaksaan di Bali
26-11-2021 / KOMISI III
Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni melakukan kunjungan...
RUU Kejaksaan Pertimbangkan Pengawalan Kepada Jaksa
25-11-2021 / KOMISI III
Profesi jaksa rentan terhadap berbagai risiko, di tengah maraknya kejahatan dan kekhawatiran adanya tekanan-tekanan dari pihak-pihak yang berperkara. Sehingga, pengawalan...
Bambang Wuryanto Gantikan Herman Hery Jabat Ketua Komisi III
22-11-2021 / KOMISI III
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk F.Paulus memimpin rapat pergantian Ketua Komisi III DPR RI....
Komisi III Minta Densus 88 Bongkar Seluruh Jejaring Kelompok Teroris di Indonesia
22-11-2021 / KOMISI III
Komisi III DPR RI yang membidangi urusan hukum meminta Densus 88 Antiteror Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membongkar seluruh jejaring teroris...