Legislator Apresiasi Pembatalan Pemotongan Insentif Bagi Nakes

05-02-2021 / KOMISI IX

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena. Foto : Ruini/Man

 

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi langkah pemerintah untuk tidak memotong insentif tenaga kesehatan (nakes) di tahun 2021 ini. Hal tersebut dinilainya sebagai langkah bijak sebagai bentuk penghargaan bagi sejumlah tenaga medis yang bekerja keras selama pandemi Covid-19 ini.

 

“Kami mengapresiasi langkah dari Kemenkes dan Kemenkeu yang segera merespon aspirasi dari nakes yang sudah disuarakan Komisi IX, yakni segera mengembalikan insentif yang sama seperti tahun lalu,” katanya saat dihubungi Parlementaria, Jumat (5/2/2021). Sebelumnya dikabarkan, dengan berlakunya APBN 2021, besaran insentif dari nakes dan santunan kematian tenaga kesehatan perlu ditetapkan kembali.

 

Namun pemerintah menegaskan saat ini belum ada perubahan kebijakan mengenai insentif nakes, sehingga insentif tetap sama diberlakukan pada tahun 2021 ini sama dengan diberikan di tahun 2020.  Melki, sapaan akrabnya, mendorong agar pemerintah tetap dapat memberikan perhatian lebih kepada para pejuang di garis depan selama pandemi ini berlangsung.

 

“Ke depan pemerintah harus beri perhatian yang lebih dan pantas bagi nakes berjuang di garis depan di pandemi ini. Salah satunya lewat pengembalian intensif seperti tahun lalu,” terang politisi Partai Golkar itu. Ia pun menekankan, pemerintah perlu memperhatikan jumlah tenaga kesehatan yang terbatas di saat pandemi ini.

 

Selain memenuhi fasilitas kesehatan di tingkat daerah mulai dari dusun, desa dan kelurahan, tenaga kesehatan juga menjadi garis terdepan jika harus melayani pasien yang menjalani isolasi mandiri selama pandemi Covid-19. Untuk itu diperlukan tambahan tenaga medis profesional secepatnya.

 

Maka, Komisi IX DPR RI turut mendorong program relaksasi izin atau Surat Tanda Registrasi (STR) terhadap nakes baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri. Melki mengapresiasi langkah pelonggaran Kementerian Kesehatan sesuai dengan organisasi profesi masing-masing nakes. (ah/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Vaksin Meningitis Langka, Jemaah Umrah Jangan Sampai Terlantar
28-09-2022 / KOMISI IX
Kelangkaan vaksin meningitis tengah melanda Indonesia. Kementerian Kesehatan mengonfirmasi mulai langkanya vaksin meningitis karena kapasitas produksi dari dua produsen vaksin...
Nihayatul Wafiroh Minta Pemerintah Tak Saling Lempar Tangani Ketidaktersediaan Vaksin Meningitis
28-09-2022 / KOMISI IX
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh meminta pemerintah agar saling berkoordinasi dan tidak saling melempar tanggung jawab dalam...
Komisi IX Desak BPOM Segera Respon Kekosongan Vaksin Meningitis untuk Jemaah Haji dan Umrah
28-09-2022 / KOMISI IX
Kekosongan Vaksin Meningitis di hampir seluruh daerah di Indonesia menjadi sorotan banyak pihak. Langkanya vaksin tersebut berdampak pada terhambatnya keberangkatan...
Soroti Pemerataan Layanan, Legislator Usul BPOM Dekatkan pada Masyarakat Melalui Mal Pelayanan Publik
28-09-2022 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska mengusulkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membuka loket di Mal...