Azis Syamsuddin Dorong Kemenhub Beri Insentif Jasa Transportasi

30-03-2021 / PIMPINAN

 

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin. Foto: Oji/nvl

 

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera mengeluarkan aturan yang mengatur pelarangan operasional transportasi umum untuk kegiatan mudik. Mengingat, pentingnya aturan tersebut agar upaya menekan mobilisasi masyarakat saat libur lebaran dapat berjalan secara efektif.

 

Dalam keterangan resminya yang diterima Parlementaria, Selasa (30/3/2021), Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) ini juga mendorong Kemenhub untuk mempertimbangkan pemberian insentif bagi perusahaan jasa transportasi umum yang terdampak kebijakan larangan mudik. 

 

"Kebijakan larangan mudik jika tidak diiringi aturan terkait transportasi dikhawatirkan tidak efektif untuk menekan mobilisasi. Disisi lain, kebijakan ini mengakibatkan perusahaan transportasi merugi. Maka, DPR mendorong Kemenhub untuk mempertimbangkan pemberian insentif bagi perusahaan jasa transportasi umum yang terdampak," ujar Azis. 

 

Azis juga mendorong pemerintah pusat, pemerintah daerah (Pemda), dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk menjadikan hasil evaluasi libur lebaran tahun lalu dan libur awal tahun baru 2021 sebagai dasar penyusunan petunjuk teknis larangan mudik. 

 

"Tujuannya, agar larangan mudik tahun 2021 ini benar-benar dapat berjalan secara efektif. Sehingga, tidak mengakibatkan lonjakan kasus Covid-19 sebagaimana yang pernah terjadi pada libur panjang sebelumnya," pungkas politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu. 

 

Seperti diketahui, hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub mengklaim bahwa tetap akan ada masyarakat Indonesia yang melakukan mudik meskipun ada larangan mudik. Kemenhub memprediksi 27,6 juta orang akan mudik secara nasional saat libur Lebaran. (pun/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Puan Maharani Berharap Segera Ada Vaksin untuk Anak di Bawah 12 Tahun
23-07-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani berharap segera ada vaksin untuk anak di bawah 12 tahun. Hal ini mengingat virus...
Gus Muhaimin: Fokuskan Anggaran Negara untuk Vaksinasi
23-07-2021 / PIMPINAN
Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia memberikan dampak luar biasa terhadap semua sendi kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, Wakil Ketua DPR...
Puan Maharani Minta Anggaran Covid-19 Juga Digunakan untuk Perlindungan Anak
23-07-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani terus mendorong pemerintah untuk mempercepat realisasi belanja anggaran penanganan Covid-19. Belanja tersebut salah...
Puan Maharani Desak Pemerintah Pastikan Bantuan Sampai ke Rakyat
22-07-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mendesak pemerintah memastikan bantuan-bantuan untuk rakyat yang terhimpit pandemi benar-benar sampai kepada yang...