DPR Gandeng UMI Perkuat SDM Perancangan UU

31-03-2021 / BADAN LEGISLASI

Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas di Auditorium Al-Jibra UMI, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, (30/03/2021). Foto: Andri/nvl

 

Dalam memperlancar penyusunan naskah akademik perancangan Undang-Undang, Badan Keahlian DPR RI menggandeng Universitas Muslim Indonesia lewat nota kesepahaman bersama (MoU) untuk memperkuat sumber daya manusia dari para akademisi. Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas menyebut hal ini merupakan salah satu bagian dari partisipasi publik.

 

Hal tersebut disampaikan Supratman usai melakukan Penandatanganan MoU BK DPR RI dengan UMI di Auditorium Al-Jibra UMI, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, (30/03/2021). Menurutnya, keterbatasan jumlah tenaga ahli bagi anggota dewan menjadi latar belakang disepakatinya MoU tersebut.

 

"Sehingga untuk menjawab kekurangan itu, salah satunya menggandeng perguruan tinggi, bisa perguruan tinggi negeri atau swasta tentu memiliki kemampuan sumber daya yang punya kompetensi,” jelas Politisi Partai Gerindra tersebut.

 

Supratman juga menuturkan, kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi merupakan suatu kebutuhan dalam rangka memperkuat dukungan teknis keahlian DPR RI. Sebab, ditambahkannya, DPR dalam kurun waktu lima tahun dituntut menyelesaikan ratusan Undang-Undang.

 

"Karena DPR sendiri dalam lima tahun (satu periode) RUU yang harus dibahas 264 Undang-undang sedangkan untuk membahas satu Undang-undang tidak mudah, maka butuh kajian hasil produk pemikiran akademik termasuk di UMI dan kampus lain," jelasnya.

 

Supratman berharap, dengan disepakatinya kerja sama tersebut, DPR RI menjadi lembaga yang semakin kuat guna menjamin kebijakan publik yang diambil sesuai kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

 

Dalam kesempatan yang sama Rektor UMI Makassar, Basri Modding menyambut hangat atas penandatangan nota kesepahaman bersama ini. "Kami di UMI banyak SDM, punya keahlian di bidang hukum dan bidang lainnya. UMI siap saling kerja sama serta bermitra dengan Baleg dan BK DPR RI," ujarnya.

 

Menurutnya, UMI saat ini masuk dalam salah satu jajaran Perguruan Tinggi Swasta terbaik di luar pulau Jawa. Maka, ia mengatakan jalinan kerja sama tersebut sejalan dengan program Kampus. (man/er)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Baleg DPR Sepakati Tiga RUU Pembentukan Pengadilan Tinggi di Beberapa Daerah
14-06-2021 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyetujui pembentukan dan penyusunan tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait Pengadilan Tinggi di beberapa Provinsi. Dalam...
Baleg DPR: PTA Akan Hadirkan Peradilan Efektif di Kaltara
10-06-2021 / BADAN LEGISLASI
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Ibnu Multazam menegaskan urgensi pentingnya pembentukan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) di Provinsi Kalimantan...
Baleg Serap Aspirasi RUU Pembentukan Pengadilan Tinggi Agama di Sorong
08-06-2021 / BADAN LEGISLASI
Tim Kunjungan Kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dipimpin Anggota Baleg Sturman Panjaitan melakukan pertemuan dengan jajaran Pemda Provinsi Papua...
Baleg DPR RI Sosialisasi RUU Pembentukan PTA di Bali
05-06-2021 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI mengapresiasi sikap Gubernur Provinsi Bali yang menyambut baik rencana DPR RI yang akan membangun Pengadilan...