RUU EBT Wujud Kepedulian Terhadap Pengembangan Energi Terbarukan

08-04-2021 / KOMISI VII

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto. Foto: Jaka/Man

 

Sektor energi merupakan sektor yang sangat berdampak pada kehidupan manusia. Untuk itu, pengambilan keputusan berkaitan dengan regulasi di sektor energi pun dinilai perlu melibatkan peran aktif masyarakat.

 

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto berharap, Rancangan Undang-Undang Energi Baru Terbarukan (EBT) yang saat ini mendapat dukungan dari masyarakat, menjadi jawaban atas permasalahan transisisi energi di Indonesia.

 

Dalam audiensi Komisi VII dengan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Energi Bersih, Deputi Direktur Indonesian Center for Environmental Law, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Sugeng memaparkan bahwa peran pemanfaatan energi di Indonesia masih rendah, sehingga memerlukan percepatan energi terbarukan dalam bauran energi nasional agar target 23 persen pada tahun 2025 dapat tercapai.

 

“Komisi VII DPR RI telah menerima masukan detail mengenai pembahasan pasal per pasal terkait RUU EBT dan akan menindaklanjutinya dalam pembahasan RUU EBT di intern Komisi VII DPR RI," ujar politisi Fraksi Partai NasDem itu.

 

Dalam Audienss itu, Deputi Direktur Indonesian Center for Environmental Law Grita Anindarini menyampaikan sejumlah catatan sebagai masukkan terhadap Komisi VII DPR terkait RUU EBT. Berbagai aspek menjadi sorotan diantaranya terkait perlunya pendalaman materi dan substansi mengingat ada sejumlah pasal yang berpotensi mengulang dan tumpang tindih.

 

"Yang kami lihat memang masih banyak bab-bab yang cenderung mengulang apa yang ada dalam Undang-Undang Energi dan apa yang ada dalam Undang-Undang Ketenagalistrikan," terangnya. (srw/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Berdayakan Perguruan Tinggi untuk Sosialisasikan Manfaat Tenaga Nuklir
13-04-2021 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Diah Roro Esty mendorong BATAN untuk mensosialisasikan manfaat tenaga nuklir. Sebab dengan adanya partisipasi perguruan...
Pengembangan Energi Nuklir Bukan Opsi Terakhir
13-04-2021 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Pattidjaya mengatakan bahwa jangan lagi menempatkan energi nuklir sebagai opsi terakhir pengembangan energi seperti...
Komisi VII Apresiasi Dukungan Pindad ke Sektor Energi
12-04-2021 / KOMISI VII
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin mengapresiasi kolaborasi dan dukungan PT Pindad (persero) kepada pengembangan industri nasional di...
Komisi VII Dorong ITI Bermitra dengan Industri Nasional
12-04-2021 / KOMISI VII
Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendorong Institut Teknologi Indonesia (ITI) untuk bermitra dengan dunia industri nasional. Menurutnya, ITI...