Legislator Apresiasi Inisiatif Setjen DPR Gelar Diskusi Hari Museum Internasional

19-05-2021 / LAIN-LAIN

Anggota DPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa/Man

 

Anggota DPR RI Lestari Moerdijat mengapresiasi kepada Sekretariat Jenderal DPR RI atas inisiatif menyelenggarakan sebuah diskusi secara luring dan daring karena kondisi pandemi, dengan topik yang cukup relevan dalam rangka Hari Museum internasional. Menurutnya di era pandemi ini museum mendapat tantangan luar biasa.

 

“Kita berhadapan dengan kondisi yang sebelum kita berhadapan dengan pandemi kita berada dalam situasi yang kita kenal sebagai disrupsi. (Lalu kita) Berhadapan lagi dengan pandemi,” jelas Lestari dalam webinar yang diselenggarakan Bagian Humas dan Pengelola Museum Sekretariat Jenderal DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (19/5/2021).

 

Wakil Ketua MPR RI itu menjelaskan, museum tidak bisa dilepaskan dari pergeseran generasi, baik  generasi lalu, generasi sebaya dengannya, generasi boomer, maupun generasi lainnya karena generasi yang ada sudah mengalami pergeseran dan perubahan tingkah laku, cara pandang yang menurutnya sangat drastis.

 

Generasi baru seperti X, Y, dan Z sudah mulai mendominasi, menurutnya hal ini memiliki cara sendiri yang berbeda dan perubahan model bisnis yang signifikan. Termasuk pula bagaimana orang memandang museum dan pola komunikasi antar manusia. Lestari menilai, interaksi antar manusia menggunakan media baru menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan.

 

“Dalam kondisi disrupsi, situasi cara pandang pengunjung yang memiliki pola pola baru, mengkomunikasikan perkembangan teknologi seperti penggunaan teknologi virtual sudah menjadi kemutlakan bagi museum untuk mampu menyuguhkan koleksinya menjadi konten konten yang menarik dan interaktif bagi para pengunjung,” ucap politisi Partai NasDem itu.

 

Diketahui, jumlah pengunjung Museum DPR mengalami penurunan secara signifikan. Yakni penurunan terjadi sebanyak 60 persen dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi terjadi. Begitu pula dengan kegiatan publik di museum yang biasanya diramaikan komunitas museum.

 

“Lebih dari 1600 museum di 107 negara yang ternyata memiliki situasi yang mungkin tidak akan pernah kembali. Ini adalah dampak pandemi yang langsung belum lagi adanya penutupan secara paksa yang mau tidak mau harus dilakukan karena public place menjadi salah satu tempat yang memiliki potensi penyebaran virus dan oleh sebab itu harus betul betul diputus,” terang legislator dapil Jawa Tengah II itu.

 

Lestari menilai, perlu adanya kreativitas, terobosan-terobosan dan tentunya interaksi yang baik antara museum itu sendiri dengan publik untuk dapat melewati situasi ini. Selain itu, perlu juga dengan menghidupkan peran museum di masyarakat seperti menjadi sebuah institusi yang memiliki tugas pembangunan keberlanjutan kota, museum juga memiliki fungsi demokrasi dan inklusi kebudayaan, serta museum miliki peran dan tanggung jawab berubah.

 

Transformasi digital, memimpin perubahan, dan advokasi potensi budaya menjadi sebuah inovasi yang perlu dilakukan museum pasca pandemi terjadi. Lestari berharap museum bisa sebuah tempat yang kontemplatif, mampu memberikan pemahaman dan juga kesenangan serta ramah bagi perjumpaan sosial. “Museum yang baik adalah museum yang betul-betul menjadi tempat yang selalu dikunjungi berulang dan tidak membosankan,” pesannya. (hal/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Dukung Program ‘Kampus Merdeka’, Setjen DPR Gelar ‘Magang di Rumah Rakyat’
14-06-2021 / LAIN-LAIN
Merdeka Belajar menjadi konsep penting dalam menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat....
Revisi UU Pendidikan Kedokteran Beri Kemerdekaan Bagi Dokter
11-06-2021 / LAIN-LAIN
Revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran (UU Dikdok) yang kini sedang diharmonisasi di Badan Legislasi DPR RI...
Persiapkan RUU Pendidikan Dokter, Fraksi Golkar Gelar Webinar
11-06-2021 / LAIN-LAIN
Masuknya revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2021 mendorong Fraksi...
Slamet Aryadi Soroti Lonjakan Kasus Covid-19 di Madura
11-06-2021 / LAIN-LAIN
Situasi pandemi Covid-19 di Bangkalan, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur di kabarkan memburuk. Satuan tugas Covid-19 setempat memberlakukan karantina wilayah...