Puan Maharani Harap Sosok Bung Karno Jadi Inspirasi Mengabdi pada Bangsa

20-05-2021 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani saat menghadiri acara peresmian patung Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta, Kamis, (20/5/2021). Foto: Ist/Man

 

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menghadiri acara peresmian patung Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta, Kamis, (20/5/2021). Dirinya berharap keberadaan patung Sang Proklamator itu mewariskan inspirasi generasi bangsa tentang pengabdian bangsa dan negara. 

 

“Semoga para calon pemimpin yang digembleng di Lemhannas mengingat pengabdian Bung Karno untuk Indonesia saat melihat patungnya, dan menginspirasi untuk meneruskan perjuangan serta pengabdian pada bangsa dan negara,” harap Puan. 

 

Bersama dengan Gubernur Lemhannas Agus Widjojo, Wakil Gubernur Lemhannas Wieko Syofyan, Sestama Lemhannas Purwadi Arianto, dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Pimpinan Perempuan Pertama DPR RI itu memdamping Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Patung Sang Proklamator. 

 

Acara peresmian dilaksanakan bertepatan HUT ke-56 Lemhannas sekaligus Hari Kebangkitan Nasional. Kehadiran patung dengan wujud Bung Karno sedang duduk membaca buku itu turut menegaskan bahwa Lemhannas adalah lembaga pendidikan bagi para pemimpin bangsa. 

 

“Dari kegemaran membaca buku, lahirlah pemikiran dan gagasan-gagasan besar Bung Karno yang masih relevan hingga saat ini, di antaranya tentang pendirian Lemhannas dan pentingnya pemahaman geopolitik Indonesia,” terang politisi PDI-Perjuangan itu. 

 

Sebagai cucu Bung Karno, ke depannya ia berharap agar Lemhannas tetap berkontribusi positif, bekerja kolektif, merumuskan jalan untuk Indonesia raya yang sepenuhnya berdaulat, mampu meletakkan dasar-dasar pertahanan dan keamanan sesuai dengan geopolitik dan kultur Indonesia. 

 

Sebagai informasi, patung tersebut dibuat oleh Dunadi, seniman dari Yogyakarta, yang mengacu pada patung Bung Karno di Museum Blitar. Ukuran patung Bung Karno yang hari ini diresmikan di Gedung Lemhannas mencapai 4 meter, berbahan logam campuran, berwarna perunggu kimia bakar, dan memiliki berat kurang lebih 2 ton. (ts/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Puan Maharani Berharap Segera Ada Vaksin untuk Anak di Bawah 12 Tahun
23-07-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani berharap segera ada vaksin untuk anak di bawah 12 tahun. Hal ini mengingat virus...
Gus Muhaimin: Fokuskan Anggaran Negara untuk Vaksinasi
23-07-2021 / PIMPINAN
Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia memberikan dampak luar biasa terhadap semua sendi kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, Wakil Ketua DPR...
Puan Maharani Minta Anggaran Covid-19 Juga Digunakan untuk Perlindungan Anak
23-07-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani terus mendorong pemerintah untuk mempercepat realisasi belanja anggaran penanganan Covid-19. Belanja tersebut salah...
Puan Maharani Desak Pemerintah Pastikan Bantuan Sampai ke Rakyat
22-07-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mendesak pemerintah memastikan bantuan-bantuan untuk rakyat yang terhimpit pandemi benar-benar sampai kepada yang...