Sambut Waisak, Gus AMI Ajak Masyarakat Perkokoh Kemanusiaan dan Persaudaraan

25-05-2021 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. Foto: Andri/Man

 

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengajak semua elemen masyarakat untuk memperkokoh kemanusiaan dan persaudaraan pada momentum Waisak 2565/2021, Rabu (26/5/2021) besok. Dikatakan Gus AMI, sapaan akrabnya, perayaan Waisak memiliki pesan penting untuk mencintai kemanusiaan. Yakni cinta sesama apapun latar belakang dan kelas sosialnya. Kemanusiaan dan kebaikan adalah inti ajaran Buddha.

 

Dalam ajaran Budha, Jalan Utama Beruas Delapan adalah jalan pembebasan yang memperkuat harkat dan martabat kemanusiaan. “Apalagi saat ini dampak pandemi Covid-19 dirasakan begitu dalam oleh masyarakat sehingga kebaikan dan solidaritas kemanusiaan semakin penting bagi kita. Seperti pesan Gus Dur kepada kita bahwa tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa berbuat baik untuk semua orang, orang tidak tanya apa agamamu," kata Gus AMI dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Selasa (25/5/2021).

 

Pesan Dharma yang sama ini sudah disampaikan Buddha sejak ribuan tahun sebelumnya.  Dikatakan Gus AMI yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) semangat menjunjung tinggi kemanusiaan ini terwujud dengan semakin kuatnya persaudaraan yang menjadi syarat utama kesejahteraan suatu bangsa.

 

Indonesia yang kaya dengan keanekaragaman adalah takdir Tuhan yang menjadi kekuatan dan modal besar bersama. Dan merusak kekuatan ini sama saja mengingkari takdir Tuhan. "Mari kita rawat Indonesia sebaiknya dengan pengabdian kepada manusia-manusia di dalamnya," kata Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu.

 

Waisak, tutur Gus AMI, juga memiliki pesan untuk mengajak kita agar bersama-sama mengatasi penderitaan sosial yang ada. Dengan cinta dan kebaikan, bukan dengan permusuhan. Diketahui, Waisak adalah hari raya agama Buddha untuk memperingati tiga peristiwa penting. Yakni kelahiran, tercapainya penerangan sempurna, dan mangkatnya Buddha Gautama.

 

Tiga peristiwa penting itu terjadi pada hari yang sama ketika bulan purnama di bulan Waisak. "Selamat Waisak untuk segenap umat Buddha dan doa kami agar Waisak membawa kebaikan bagi segenap rakyat dan memperkuat rasa persaudaraan kita sesama anak bangsa," kata Gus AMI. (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Gus AMI: Pajak Pendidikan Bertentangan dengan Tugas Negara
15-06-2021 / PIMPINAN
Wacana pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk jasa pendidikan dan komoditas sembako melalui Revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara...
Puan: Pembelajaran Tatap Muka Harus Ada Persetujuan Orang Tua
14-06-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H. C) Puan Maharani menyatakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi yang rencananya dimulai Juli...
DPR Tegaskan Pentingnya Kemajuan Teknologi Wujudkan Indonesia Tangguh
14-06-2021 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menegaskan dalam membangun ketangguhan nasional harus menyesuaikan dengan kemajuan teknologi global yang berkembang di...
Atasi Ketimpangan, Gus AMI Dukung KEK Perdesaan di Teluk Tomini dan Malut
14-06-2021 / PIMPINAN
Mengatasi ketimpangan tidak bisa dilakukan secara parsial dan tambal sulam. Perlu komitmen kuat dalam suatu formula, inovasi, serta terobosan baru...