BURT Harap Pelayanan Jamkestama Terus Ditingkatkan

11-06-2021 / B.U.R.T.

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Evita Nursanty saat pertemuan BURT DPR RI dengan manajemen RS. Hermina Medan, sebagai RS provider Asuransi Jasindo di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (10/6/2021). Foto: Ann/Man

 

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Evita Nursanty mengapresiasi Rumah Sakit Hermina Medan dalam memberikan pelayanan kepada pasien, utamanya kepada peserta Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) maupun masyarakat umum. Ia berharap layanan di RS Provider Asuransi Jasindo ini terus ditingkatkan terutama dalam hal kecepatan.

 

“Walaupun kerja sama dengan Jasindo masih tergolong baru, tetapi fasilitas peralatan maupun layanan medis yang dimiliki saya rasa cukup baik dan bisa kita rekomendasikan kepada peserta Jamkestama beserta keluarganya yang memerlukan perawatan," papar Evita usai pertemuan BURT DPR RI dengan manajemen RS. Hermina Medan, sebagai RS provider Asuransi Jasindo di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (10/6/2021).

 

Dalam pertemuan tersebut, BURT DPR RI memastikan pelaksanaan program Jamkestama di RS Hermina Medan telah memenuhi peraturan dan ketentuan yang ada. Termasuk pelayanan yang diberikan kepada peserta program Jamkestama, khususnya dalam hal penanganan pasien Covid-19. 

 

Kendati belum dilaksanakan vaksin mandiri, Evita mengusulkan RS provider bisa mempersiapkan vaksinasi mandiri bagi peserta Jamkestama. Mengingat, asuransi Jasindo hanya menjamin istri atau suami dan 2 anak. "Sementara anak lainnya atau keluarga besar juga memerlukan vaksinasi, karena itu apabila vaksin mandiri sudah berjalan, tidak ada salahnya keluarga peserta Jamkestama juga diprioritaskan," terangnya. 

 

Sementara itu, Anggota BURT Tina Nur Alam mengatakan berdasarkan hasil kunjungan BURT di sejumlah RS di berbagai daerah, seringkali ditemukan permasalahan teknis, seperti kebijakan RS apabila pasien Jamkestama tidak membawa kartu peserta saat berobat.

 

Menurutnya, kendala ini berimplikasi pada terhambatnya proses pengobatan. Karena itu, ia mendorong pihak Jasindo dan RS provider segera melakukan digitalisasi dan selalu memperbaharui data peserta secara berkala. Sehingga pelayanan bagi peserta Jamkestama di RS provider tidak terkendala masalah teknis. (ann/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
‘Big Data’ DPR Perlu Segera Diimplementasikan
27-07-2021 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengimbau pembangunan sistem Big Data di DPR segera diimplementasikan...
‘Big Data’ DPR Mampu Menganalisis Informasi Publik
14-07-2021 / B.U.R.T.
'Big Data' DPR RI yang sedang dibangun kelak tidak sekadar menghimpun data dan informasi, lebih dari itu mampu menganalisis beragam...
Harus Ada SDM Handal Kelola ‘Big Data’ DPR
14-07-2021 / B.U.R.T.
Menyusul sistem Big Data yang sedang dibangun DPR RI, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk mengelolanya. Semua data...
BURT Minta Pelayanan RS Primaya Makassar Lebih Ditingkatkan
20-06-2021 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Bakri mengapresiasi pelayanan Rumah Sakit Primaya Makassar terhadap pasien, utamanya kepada...