Komisi VII Dukung Penuh Riset Vaksin Imun Nusantara

16-06-2021 / KOMISI VII

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Suparno. Foto: Oji/Man

 

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Suparno menegaskan pihaknya mendukung pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia sebagai hasil inovasi anak bangsa menuju kemajuan dan kemandirian bangsa. Untuk itu, DPR mendukung penuh riset Vaksin Imun Nusantara yang dikembangkan oleh Dokter Terawan Agus Putranto dalam pengembangan riset Vaksin Covid-19 pada Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19. Serta, mendesak Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 untuk segera menyelesaikan pengembangan Vaksin Merah Putih.

 

Dengan catatan, tetap memperhatikan standar uji klinis keamanan agar produksi vaksin dapat segera digunakan untuk masyarakat luas. Demikian mengemuka dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI yang dipimpin Eddy dengan Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Ismunandar, Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Prof. Amin Soebandrio dan Inisiator Riset Vaksin Imun Nusantara Dokter Terawan Agus Putranto di Ruang Rapat Komisi VII DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

 

“Komisi VII DPR RI mendesak Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 untuk segera menyelesaikan pengembangan Vaksin Merah Putih dan mendukung penuh pengembangan Vaksin Imun Nusantara oleh Dokter Terawan Agus Putranto. Komisi VII mendesak dilanjutkannya Uji Klinis Fase III Vaksin Imun Nusantara tersebut yang sesuai dengan kaidah uji klinis sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” ujar politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) tersebut.

 

Sebagai tindak lanjut, sambung Eddy, Komisi VII DPR RI akan mendorong untuk diagendakan Rapat Dengar Pendapat Gabungan antara Komisi I, Komisi VI, Komisi VII, Komisi IX dan Komisi XI DPR RI dengan menghadirkan mitra-mitra terkait yang relevan. “Tujuannya, dalam rangka penyelesaian dan percepatan produksi vaksin Covid-19 buatan anak bangsa, baik Vaksin Merah Putih maupun Vaksin Imun Nusantara,” pungkas legislator dapil Jawa Barat III itu.

 

Sebelumnya dalam rapat, Dokter Terawan Agus Putranto memaparkan cara pembuatan Vaksin Imun Nusantara. Bukan hanya memaparkan, Terawan juga menunjukkan prosedur pembuatan vaksin secara langsung di depan beberapa Pimpinan dan Anggota Komisi VII DPR RI di mejanya. Terlihat, Pimpinan Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno dan Alex Noerdin bersama Anggota Komisi VII Dyah Roro Esti dan Sartono Hutomo ikut melihat lebih dekat ke meja Dokter Terawan.

 

Terawan mengklaim, Vaksin Imun Nusantara bak kunci untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Ia mengaku hal ini berdasarkan hipotesis di dunia yang mengatakan vaksin berbasis dendritik erat kaitannya dengan the beginning of the end. "Memang di literatur-literatur paling lama dari kejadian SARS dulu di China, Beijing dan sebagainya, sel T-nya itu masih ada sampai 6 tahun. Itulah riset-riset di dunia yang mengemukakan munculnya hipotesis dimana dendritic cell vaccine ini dianggap sebagai the beginning of the end, yang memulai untuk mengakhiri cancer maupun Covid-19," paparnya. (pun/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Atasi Pandemi Covid-19, Mulyanto Minta Pemerintah Kurangi ‘Gimmick’
26-07-2021 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai rencana Menteri BUMN Erick Thohir memanggil pulang mahasiswa Indonesia yang sekarang berkiprah di...
Anggota DPR Minta Pemerintah Optimalkan Kapasitas Pabrik Gas Oksigen yang Menganggur
08-07-2021 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai, sebaiknya sebelum memutuskan impor gas oksigen dari luar negeri, pemerintah harus memaksimalkan kapasitas...
Pemerintah Diminta Manfaatkan Momentum Kenaikan Harga Batu Bara
08-07-2021 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Rofik Hananto menilai pemerintah perlu memanfaatkan momentum kenaikan harga batu bara dalam rangka meningkatkan Pendapatan...
Anggota Komisi VII DPR RI Desak Pertamina Bantu Atasi Kelangkaan Oksigen
05-07-2021 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto minta Pemerintah memperhatikan pasokan oksigen di rumah sakit, dan perlu mengusahakan ketersediaan sesuai kebutuhan....