Arwan Dorong Pengentasan Kemisikinan Melalui Penyediaan Rumah Layak Huni

01-07-2021 / KOMISI VIII

Anggota Komisi VIII DPR RI Arwan M. Aras. Foto: Jaka/nvl

 

Anggota Komisi VIII DPR RI Arwan M. Aras didampingi Tim Penanganan Fakir Miskin (PFM) Wilayah III Kementerian Sosial RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Mamuju Tengah. Kunker tersebut dirangkaikan dengan penyerahan secara Simbolis Bantuan Rehabilitasi Sosial (RS) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sekaligus Penyerahan Bantuan Sembako kepada Penerima Manfaat dari Baznas Mamuju Tengah.

 

Dalam arahannya, Arwan menyampaikan, untuk Mamuju Tengah penerima RTLH sebanyak 50 unit dengan besaran anggaran Rp15 juta. “Kita berharap RTLH ini dapat berkelanjutan di Kabupaten Mamuju Tengah. Meskipun bantuan yang diberikan tidak seberapa tapi kenyataan di lapangan bisa mendorong masyarakat untuk bergotong-royong membangun rumah yang layak,” ujar Arwan dalam keterangan pers yang diterima ParlementariaKamis (1/7/2021).

 

Menurut Arwan, dengan program RTLH dapat mengedepankan semangat kebersamaan, kegotong-royongan, dan nilai kesetiakawanan sosial antara sesama penerima manfaat. Melalui RTLH ini diharapkan menciptakan dan menghidupkan kembali nilai-nilai dan norma-norma yang ada dan berkembang dalam masyarakat.

 

“Mengapa RTLH itu tidak ada jasanya, karena kita ingin ada kebersamaan gotong royong didalamnya, selain itu RTLH ini mengapa saya tempatkan di Kecamatan Tobadak, karena kita ingin RTLH ini dijadikan role model, sehingga kita tempatkan di satu kecamatan,” ungkap Arwan. Ia menilai di masa pandemi ini masyarakat sangat membutuhkan rumah yang layak huni dan sehat, untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

“Penyediaan rumah layak huni untuk masyarakat berpenghasilan rendah bisa menjadi awal dalam upaya mempercepat pengentasan kemiskinan. Jika rumahnya layak, orang yang tinggal juga nyaman dan sehat, sehingga bisa fokus bekerja meningkatkan perekonomian keluarga dan diharapkan bisa keluar dari garis kemiskinan,” pungkas politisi PDI-Perjuangan itu.

 

Lebih lanjut legislator dapil Sulawesi Barat itu juga mengapresiasi Pemerintah Kabuopaten Mamuju Tengah, melalui Dinas Sosial yang telah menyiapkan Data Calon Penerima RTLH yang valid sehingga program ini bisa terlaksana. Dirinya berharap semoga Rutilahu dari Kemensos ini dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam upaya pengentasan kemiskinan yang digalakkan Pemkab Mamuju Tengah. (tn/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi VIII Tinjau Persiapan PTM Terbatas di UIN Radeh Fattah Palembang
23-09-2021 / KOMISI VIII
Komisi VIII DPR RI memastikan persiapan rencana perkuliahan tatap muka (PTM) terbatas di UIN Radeh Fattah, Palembang. Pada kesempatan tersebut,...
Anggota DPR Sesalkan Serangan Terhadap Tokoh Agama Terulang
22-09-2021 / KOMISI VIII
Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf mengaku geram dengan insiden penyerangan Ustaz Abu Syahid Chaniago di Batam, Kepulauan Riau...
Rudi Hartono Bangun Soroti Penggunaan Anggaran Mitra Kerja
22-09-2021 / KOMISI VIII
Anggota Komisi VIII DPR RI Rudi Hartono Bangun meminta Menteri Agama harus peka terhadap aspirasi dan masukan dari rakyat, dan...
Komisi VIII Setujui Anggaran Tahun 2022 Kemensos Sebesar Rp78 Triliun
20-09-2021 / KOMISI VIII
Komisi VIII DPR RI menyetujui usulan anggaran Kementerian Sosial untuk Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp78.256.327.121.000. Selain itu, Komisi VIII juga...