ASN Harus Terus Berupaya Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi

28-07-2021 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Foto: Eno/Man

 

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mendukung seruan Presiden agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) terus berupaya meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan kemampuan beradaptasi. Menurutnya ASN harus punya jiwa melayani masyarakat, itu semua hanya bisa dilakukan saat ASN berinteraksi langsung dengan masyarakat, melihat persoalan di lapangan, dan berupaya menjadi bagian dari solusi.

 

“Pelayanan yang baik harus dimulai dari pemahaman dan kemampuan yang baik dari yang memberikan layanan. Pelayanan harus pula kreatif dan mengedepankan antisipasi, pencegahan. Itu semua hanya bisa dilakukan saat ASN berinteraksi langsung dengan masyarakat, melihat persoalan di lapangan, dan berupaya menjadi bagian dari solusi,” papar Puan dalam rilis yang diterima Parlementaria di Jakarta, Rabu (28/7/2021).

 

Soal kolaborasi, politisi PDI-Perjuangan itu berpendapat, penanganan Covid-19 adalah momentum untuk menjalin dan mewujudkannya. Tidak hanya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, kolaborasi juga harus dapat dilakukan ASN dengan kalangan masyarakat sipil, pengusaha, dan pegiat-pegiat di lapangan.

 

“Apapun yang paling optimal menjadi solusi dan yang memudahkan rakyat, lakukanlah dengan akuntabel, dikerjakan oleh orang-orang kompeten, dan berkolaborasilah,” tegas mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

 

Di antara sesama ASN dan dengan masyarakat luas, ujar Puan, harmonisasi juga harus menjadi hal yang diupayakan bersama. Perbedaan pendapat harus mendapatkan titik tengah dan solusi yang pada akhirnya berorientasi pada pelayanan publik. “ASN adalah wajah pemerintah di pelayanan masyarakat. Jadilah wajah yang solutif, ramah, dan memberi kemudahan dalam pelayanan,” kata Puan.

 

Puan mengingatkan pula, pemerintah harus memastikan dukungan sarana, prasarana, dan juga regulasi untuk mewujudkan pelayanan optimal ASN. “Ini termasuk standar pelayanan, manajemen kinerja, penyederhanaan pelayanan birokrasi, serta peningkatan penegakan hukum dan aturan di bidang pelayanan publik,” tutup legislator dapil Jawa Tengah V itu. (eko/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Puan Maharani Apresiasi Langkah Pemda Berhati-Hati Selenggarakan PTM
22-09-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H. C.) Puan Maharani mengapresiasi langkah-langkah pemerintah daerah, baik Pemkot dan Pemkab yang berhati-hati dengan untuk...
Puan: Sekolah Jangan Curi 'Start' PTM, Keselamatan Siswa Hal Utama
22-09-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H. C.)Puan Maharani mengingatkan agar sekolah tidak memaksakan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) jika belum memenuhi...
Puan Maharani: Jangan Ada Daerah ‘Ketinggalan Kereta’ Karena Vaksinasi Rendah
21-09-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang turun langsung ke daerah-daerah yang tingkat vaksinasinya...
Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, DPR: Siapkan Rumah Sakit
21-09-2021 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan untuk mengantisipasi prediksipuncak gelombang ketiga penyebaran virus...