Pelaksanaan Vaksinasi di DPR Dukung Percepatan ‘Herd Immunity’

04-08-2021 / B.U.R.T.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso saat meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Ruang Pustakaloka, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/8/2021). Foto: Runi/Man

 

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi di lingkungan DPR RI. Menurut Agung, pelaksanaan vaksinasi periode kedua di DPR RI ini dalam rangka mendukung pemerintah untuk percepatan pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity), serta mencegah kerumunan di beberapa titik di Jakarta karena antusiasme tinggi masyarakat untuk mendapatkan vaksin.

 

“Kita lihat pelaksanaan vaksinasi di Jakarta maupun di daerah, banyak yang berjubel sehingga ada kerumunan. Nah DPR ini memberikan solusi memberikan kesempatan kepada Anggota DPR yang belum dan tentunya para pegawai di lingkungan Setjen DPR RI agar dapat vaksin. Tentunya agar seluruh masyarakat Indonesia dapat divaksin,” ujar Agung saat meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Ruang Pustakaloka, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/8/2021).

 

Agung menjelaskan vaksinasi menggunakan vaksin jenis Sinovac ini sudah dimulai sejak Senin (2/8/2021), dan akan berlangsung hingga Minggu (9/8/2021), dengan capaian vaksinasi per harinya rata-rata sebesar 200 dosis. Padahal, tambah Agung, para tenaga kesehatan Pelayanan Kesehatan (yankes) DPR dan Rumah Sakit Kesdam Jaya Cijantung, masing-masing telah menyiapkan 600 dosis vaksin per harinya.   

 

“Pendaftarannya bisa dilakukan secara daring atau bisa langsung hadir ke sini di Pustakaloka. Mungkin, karena masih dalam reses jadi banyak yang belum bisa hadir, ” tambah politisi Partai Demokrat ini.

 

Agung mengakui, jika dalam evaluasi tidak mencapai target vaksinasi, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Sekretariat Jenderal DPR RI untuk membuka vaksinasi tersebut dengan adanya partisipasi dari masyarakat umum. Tentunya, dengan pengubahan aturan yang lebih fleksibel namun tetap dalam pengawasan keamanan dan protokol kesehatan yang ketat.

 

“Kalau kita lihat pelaksanaan di GBK (Gelora Bung Karno) sangat antre, karena antusias yang tinggi, kan kasian. Bagaimana kalau ini juga untuk umum agar bisa vaksin di DPR sebagai rumah rakyat. Anggota dewan sebagai representasi rakyat harus punya empati kepada rakyat,” tegas Agung.

 

Dengan adanya vaksinasi di DPR ini, Anggota Komisi III DPR RI tersebut berharap Indonesia dapat segera mencapai kekebalan komunal, yaitu 70-80 persen warganya sudah mendapatkan vaksinasi. Sehingga, kehidupan masyarakat Indonesia bisa kembali normal dengan kondisi kesehatan yang lebih kuat.

 

“Saya sebagai Ketua BURT sangat mendukung kegiatan ini. Mudah-mudahan, masyarakat Indonesia segera dapat divaksin semua. Target herd immunity tercapai, sehingga kekebalan tubuh rakyat Indonesia semakin kuat, dan kehidupan bisa kembali normal bukan new normal,” tutup legislator dapil Jawa Barat I tesebut. (rdn/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BURT Apresiasi Layanan RS Mandaya Royal Hospital Puri
17-09-2021 / B.U.R.T.
Anggota Badan Usaha Rumah Tangga (BURT) DPR RI Indah Kurnia mengapresiasi fasilitas dan pelayanan RS Mandaya Royal Hospital Puri sebagai...
BURT Tinjau Fasilitas RS Mandaya Royal Hospital Puri
16-09-2021 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah memimpin tim kunker BURT meninjau RS Mandaya Royal...
BURT Dorong Pengembangan Infrastruktur untuk Dukung Pariwisata dan Perekonomian Batam
14-09-2021 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti akan mendorong dan memperjuangkan keinginan Pemerintah Kota Batam terkait...
BURT DPR Dukung Realisasi Pembangunan Infrastruktur Batam
13-09-2021 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI meninjau pelayanan JOUMPA Airport VIP Service and Lounge di Bandara Hang Nadim, Kota...