Legislator Dukung Pembentukan Polres Khusus KEK Mandalika

11-09-2021 / KOMISI III

Anggota Komisi III DPR RI Sari Yuliati saat mengikuti pertemuan Tim Kunspek Komisi III DPR RI di Mapolda NTB, Jumat (10/9/2021). Foto: Jaka/Man

 

Anggota Komisi III DPR RI Sari Yuliati mendukung rencana Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) membentuk Polres di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Mengingat, dalam waktu dekat akan ada perhelatan besar bertaraf internasional di kawasan itu, maka pembentukannya juga bertujuan untuk menjaga harkat dan martabat Indonesia di mata dunia.

 

"Kami sangat mendukung usulan pembentukan Polres Mandalika itu untuk menjaga harkat dan martabat Indonesia. Karena beberapa perhelatan besar sudah di depan mata. Tentu peran kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) itu sangat penting, dimana fungsi polisi kan ada disitu. Jadi kita sangat mendukung demi bangsa dan negara," ungkap Sari saat mengikuti pertemuan Tim Kunspek Komisi III DPR RI di Mapolda NTB, Jumat (10/9/2021).

 

Politisi F-Golkar ini juga mengusulkan, agar politik anggaran Polri disisihkan secara prioritas untuk pembangunan ekonomi di NTB yang sangat mengandalkan pariwisata, terutama di Mandalika yang akan mengadakan event besar. Sehingga rencana pembentukan Polres tersebut bisa berjalan dengan baik.

 

"Saya mengusulkan, kalau perlu di kawasan Mandalika juga harus punya jaringan siber yang mendukung untuk penertiban dan keamanan di sekitar kawasan tersebut. Saya kira itu sangat penting, karena peran kepolisian untuk pemulihan ekonomi nasional ini tidak bisa di pandang sebelah mata. Ekonomi tidak bisa akan up kalau keamanan dan ketertibannya itu tidak maksimal," imbuhnya.

 

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi III DPR Herman Hery, ia mendukung sepenuhnya pembentukan Polres Khusus KEK Mandalika. Walaupun hal ini belum lazim dan mungkin juga baru pertama kali, karena untuk membentuk sebuah polres harus ada proses seperti nomenklatur dan aturan lainnya.

 

"Oleh sebab itu, saya meminta kepada sekretariat dan staff ahli Komisi III DPR RI agar ini menjadi kesimpulan rapat dan memepersiapkan konsep usulan tersebut. Karena ini bukan hanya sekedar membangun sebuah polres, tapi menyangkut harkat dan martabat kita di mata dunia," ujarnya.

 

Pada kesempatan lain, Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengatakan, Polres Khusus KEK Mandalika akan menjalankan kewenangan yang lebih spesifik, khusus dalam pemeliharaan keamanan. Tidak dibebani proses lidik dan sidik, agar tetap konsen.

 

"Ini menjadi sebuah grand strategy, dimana rencana pembentukan polres khusus yang setara dengan tugas pokok kepolisian resor skala kabupaten/kota tersebut merupakan bagian dari strategi jangka panjang pengamanan KEK Mandalika," ucapnya. (jk/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tindak Polisi Sewenang-wenang, Sahroni Apresiasi Instruksi Kapolri agar Propam Gandeng Komnas HAM
20-10-2021 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyampaikan apresiasinya kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberi arahan kepada...
Didik Mukrianto Dukung Kapolri Tindak Tegas Polisi yang Sewenang-wenang pada Rakyat
20-10-2021 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mendukung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar bertindak tegas pada personelnya yang...
Taufik Basari Sayangkan Tindakan Oknum Polisi yang Intimidasi Warganet
19-10-2021 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menyayangkan sikap beberapa oknum polisi yang memberikan ancaman dan intimidasi kepada netizen (warganet)....
Sidang Virtual Pengadilan Tinggi Terkendala Akses Internet, Komisi III Akan Evaluasi
15-10-2021 / KOMISI III
Pengadilan Tinggi Sulawesi Utara menjalankan sidang virtual demi menjaga jarak dan menghindari penyebaran virus Covid-19. Langkah ini diambil berlandaskan surat...