Puteri Komarudin Tekankan Peran Pemuda untuk Sukseskan Presidensi G20 Indonesia 2022

27-10-2021 / KOMISI XI

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin. Foto: Tari/Man

 

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam menyukseskan Presidensi G20 Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia terpilih menjadi Presiden G20 tahun 2022 dan tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun depan.

 

“Posisi Indonesia sebagai presiden G20 akan semakin mengukuhkan peran kita, pemuda intelektual bangsa, untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal pelaksanaan kebijakan pemerintah dan G20. Sebagai tuan rumah, tentu menjadi tantangan sekaligus kesempatan untuk menyampaikan pemikiran-pemikiran brilian pemuda Indonesia untuk kepentingan nasional maupun internasional,” terang Puteri dalam keterangan resminya kepada Parlementaria, Senin (25/10/2021).

 

Adapun pernyataan tersebut Puteri sampaikan saat Dialog Publik bertajuk Signifikansi Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022. Dimana Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI itu mengatakan Presidensi G20 Indonesia yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah ini dapat membawa pengaruh positif bagi perekonomian dan perpolitikan nasional.

 

“Secara ekonomi, pelaksanaan agenda KTT G20 di Indonesia dapat mendorong konsumsi domestik yang diperkirakan mencapai Rp1,7 triliun, penambahan PDB sebesar Rp7,47 triliun dan terciptanya penyerapan tenaga kerja sebanyak 33 ribu dari berbagai sektor. Sementara, dalam hal politik, presidensi ini dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan nasional di forum global,” urai Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI itu.

 

Sebelumnya pada Juli lalu, Puteri didapuk sebagai Ketua Delegasi Indonesia pada forum Y20 Summit 2021 di Italia. Forum Y20 Summit merupakan bagian dari pertemuan Engagement Groups KTT G20 yang mempertemukan perwakilan pemuda dari negara anggota G20. Pada forum tersebut, Puteri berhasil meloloskan tiga proposal prioritas Indonesia untuk topik Inklusi dan Kesetaraan Kesempatan.

 

“Kami menyoroti terjadinya diskriminasi dan kesenjangan dalam segala aspek kehidupan, yang juga semakin diperdalam akibat pandemi. Karenanya, Y20 mendorong pemerintah G20 untuk mengatasi kesenjangan ini dan meningkatkan upaya-upaya untuk memperkuat inklusi. Sehingga, setiap masyarakat memiliki kesempatan yang setara dalam segala aspek kehidupan,” tutur Puteri.

 

Terakhir, legislator dapil Jawa Barat VII tersebut berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat turut serta dalam mensukseskan Presidensi G20 Indonesia. Ia juga berpesan agar pemerintah menyiapkan berbagai strategi untuk mendulang antusiasme serta dukungan masyarakat luas.

 

“Masyarakat maupun partai politik bisa berkontribusi langsung dalam mensukseskan rangkaian agenda ini. Selain untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman, dukungan dari berbagai elemen ini dibutuhkan untuk menindaklanjuti kebijakan-kebijakan yang nantinya diputuskan dalam KTT G20,” pungkas Puteri. (ah/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi XI Setujui Anggaran Penerimaan Operasional Bank Indonesia
29-11-2021 / KOMISI XI
DPR RI melalui Komisi XI menyepakati Rancangan Anggaran Tahunan Bank Indonesia (RATBI). Terdiri dari anggaran penerimaan operasional Bank Indonesia tahun...
Anis Byarwati: UU Cipta Kerja Seharusnya Inkonstitusional Tanpa Syarat
28-11-2021 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati memberikan tanggapan terhadap keputusan Mahkamah Konsitusi (MK) bahwa Undang-undang Nomor 11 Tahun...
Legislator Dorong BI Jaga Inflasi dan Stabilisasi Rupiah
25-11-2021 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengapresiasi upaya Bank Indonesia (BI) dalam menjaga inflasi serta kestabilan nilai tukar...
DPR-Pemerintah Sepakat Pembahasan RUU HKPD Dibawa ke Rapat Paripurna
23-11-2021 / KOMISI XI
Komisi XI DPR dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah (RUU HKPD)...