Indonesia Harus Perhatikan Situasi di Myanmar dan Laut China Selatan

01-11-2021 / PARIPURNA

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta saat interupsi di Rapat Paripurna DPR RI, Senin (1/11/2021). Foto: Geraldi/nvl

 

Pemerintah dan DPR diimbau memberi perhatian serius atas situasi terkini di Myanmar dan Laut China Selatan. Kondisi yang tidak stabil di dua kawasan tersebut bisa memengaruhi keamanan regional dan nasional.

 

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyampaikan hal ini dalam interupsinya di Rapat Paripurna DPR RI, Senin (1/11/2021). "Indonesia sebagai anggota ASEAN perlu memberi perhatian serius terkait situasi di Myanmar dan di Laut China Selatan. Di Myanmar kini muncul banyak kelompok bersenjata dan di Laut China Selatan ada ancaman invasi China ke Taiwan.”

 

Menurut Sukamta, rezim militer yang berkuasa di Myanmar tak bisa melindungi rakyatnya lagi. Situasi chaos terus mengancam Myanmar. "Bila dibiarkan, Myanmar bisa jadi Suriah kedua dan itu sangat tidak kita inginkan," imbuh politisi PKS ini. Stabilitas kawasan ASEAN sudah pasti ikut terganggu.

 

Sukamta berharap, baik Pimpinan DPR maupun pemerintah mengajak Brunei Darussalam sebagai pemimpin ASEAN saat ini mengambil sikap tegas dan jelas kepada rezim militer yang sedang berkuasa di Myanmar.

 

"Kalau perlu lewat PBB, ASEAN bisa menggalang misi perdamaian agar bisa menyelamatkan demokrasi di Myanmar dan melindungi rakyatnya dari kekejaman rezim berkuasa," seru Sukamta.

 

Sementara saat yang sama, situasi memanas yang terjadi di Laut China Selatan juga menuntut Indonesia bersikap tegas. Situasi kawasan akan semakin memburuk bila China benar-benar menginvasi Taiwan. “Semua ini harus jadi perhatian Pimpinan DPR dan pemerintah," tutup legislator dapil D.I. Yogyakarta tersebut. (mh/es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Willem Wandik Sampaikan Sakit Hati Masyarakat Papua atas Pernyataan Menko Polhukam
30-09-2022 / PARIPURNA
Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Papua, Willem Wandik menyampaikan aspirasi sakit hati masyarakat Papua atas pernyataan Menteri Koordinator...
Banggar Berharap APBN 2023 Mampu Jawab Tantangan
29-09-2022 / PARIPURNA
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI berharap APBN 2023 mampu menjawab tantangan tahun depan untuk kesejahteraan rakyat. Tantangan tersebut membutuhkan mitigasi...
Paripurna Menyetujui Guntur Hamzah Sebagai Hakim Konstitusi dari Usulan DPR
29-09-2022 / PARIPURNA
Rapat paripurna DPR RI telah menyetujui Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H, sebagai Hakim Konstitusi yang berasal dari unsur...
Paripurna DPR Setujui Johanis Tanak Sebagai Pimpinan KPK Terpilih
29-09-2022 / PARIPURNA
Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman menyampaikan laporan Komisi III DPR RI mengenai proses uji kelayakan terhadap dua calon anggota...